Salah satu sudut pemandangan di Pulau Bala-balakang. (Zulkifli)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Potensi Wisata Bahari Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat memang tidak diragukan lagi. Salah satunya di pulau Popongan, Desa Bala-Balakang, Kecamatan Bala-Balakang.

Wisata pulau Popongan ini sangat menjanjikan untuk menarik wisatawan, memiliki warna air laut yang indah dengan hamparan pasir putih lembut sepanjang pantai, pulau Popongan menjadi destinasi terbaik untuk Camping di pinggir pantai. Kawanan penyu yang sering muncul di bibir pantai pada pagi dan sore hari makin menambah indahnya Popongan.

Selain itu, pulau yang masih terjaga keasriannya ini sangat cocok untuk melakukan snorkeling dan diving.

Selain keindahan pantainya, pulau yang jaraknya sekira 96 mil dari Ibukota Kabupaten Mamuju ini juga dikenal dengan hasil lautnya yang berkualitas ekspor seperti ikan teripang, lobster dan sunu.

Untuk diketahui pulau Popongan adalah salah satu pulau dari 16 pulau yang ada Kecamatan Bala-Balakang. Dan pulau ini juga sangat mendukung dari segi akses karena telah dibangun dermaga. Sehingga kapal besar dapat bersandar di pulau ini.

Selain itu juga pulau Popongan memiliki fasilitas umum seperti, lapangan sepak bola, Masjid, Sumur Umum, Puskesmas dan WC Umum. Bangunan perkampungannya sangat teratur.

“Wilayah ini paling mendukung untuk dipromosi ke daerah lain karena disini dekat pulau kosong dan gusun (dataran ketika air surut) yang ada di selatan-nya seperti gusun galungan yang terkenal dengan diving-nya,” kata Kamaluddin, Kepala Desa Bala-Balakang.

Kamaluddin menuturkan, dalam empat tahun terakhir Popongan ramai dikunjungi wisatawan dari luar daerah. Paling sering wisatawan dari Kalimantan Timur karena jaraknya sekira 80 mil atau sekira 4 jam perjalanan.

Penyu sering muncul di bibir pantai pada pagi dan sore hari. (Zulkfili)

Namun karena adanya pandemi virus Corona beberapa bulan ini pengunjung tak ada lagi yang datang.

“Terakhir awal tahun pengunjung ramai. Karena tahun-tahun kemarin itu pelancong dari Kalimantan Timur itu selalu datang, bahkan dari instansi dari BPD-nya biasa datang kesini bakar-bakar ikan, bahkan dari Manado, Jakarta juga ada,” ungkapnya.

Guna memajukan potensi wisata di Bala-Balakang, Kamaluddin berharap pemerintah Kabupaten Mamuju dan Pemerintah Provinsi Sulbar untuk meningkatkan fasilitas pendukung lainnya untuk menarik wisatawan datang kesini.

“Kami sangat ingin sekali memajukan potensi wisata di Bala-Balakang karena ada beberapa hal yang mendukung seperti pasir putih, tempat snorkeling dan diving. Potensi ikan apa lagi. Dan Insyaallah tahun inj ada konservasi. karena memang saya sangat setuju untuk itu,” ujarnya.

Salah satu pengunjung dari Mamuju, Syarif (35) mengatakan pulau Popongan sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Mamuju meski terbilang sangat jauh pusat pemerintahan.

“Keren sekali disini, tidak rugi datang. Disini ada kawasan penyu, karangnya indah, kalau sore juga sunsetnya juga sangat indah, saya harap ini bisa di kembangkan oleh pemerintah daerah. Promosinya harus gencar biar masyarakat luas bisa menikmati indahnya alam Mamuju,” pungkas Syarif.

Salah satu sudut pemandangan di Pulau Bala-balakang. (Zulkifli)

(Zulkifli)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here