oleh

Percepat Penurunan Angka Stunting Melalui Rembuk Stunting

banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Pemerintah Kabupaten Mamuju, melalui Dinas Kesehatan terus berupaya melakukan percepatan penurunan angka stunting.

Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan Mamuju yakni menggelar kegiatan rembuk stunting yang dengan menghadirkan berbagai pihak terkait di Ballroom hotel Maleo Mamuju, Rabu (3/8/22).

Pada kegiatan yang dihadiri Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi itu, menyampaikan rembuk stunting sebagai wadah penyampaian hasil analisis situasi dan deklarasi komitmen, serta permufakatan rencana kegiatan intervensi.

“Kita juga mendorong komitmen publik dalam upaya penurunan angka stunting secara terintegrasi,” kata Siti Sutinah sambutannya.

Katanya, dalam tahapan penurunan angka stunting di Kabupaten Mamuju, tentu akan membutuhkan kerja ekstra dari semua stakeholder, terlebih Pemkab Mamuju untuk mempertahankan penilaian kinerja penanganan stunting sebagai peringkat pertama se Sulbar yang diraih 2021 lalu.

“Untuk itu, saya berharap upaya percepatan program dapat dilakukan dengan lebih efektif melalui keterpaduan proses perencanaan, penganggaran dan pemantauan kegiatan lintas sektor untuk memastikan tersedianya setiap layanan intervensi pada sasaran prioritas dan semua kelompok masyarakat,” sebut Bupati.

Atas langkah terpadu yang terus digalakkan, ditandai dengan kesepakatan yang ditandatangani bersama, dapat ditindaklanjuti untuk dilaksanakan pada tahun berjalan, melalui RKPD atau Renja masing-masing perangkat daerah.

“Sehingga, kegiatan tiap OPD yang memiliki keterkaitan terhadap intervensi sensitif dan spesifik terhadap konfergensi penanganan stunting dapat lebih dioptimalkan,” ungkap Sutinah.

Bupati perempuan pertama di Mamuju itu mengajak lintas sektor untuk melakukan inovasi yang dapat mempercepat upaya tersebut, selanjutnya agar dapat di publikasi secara meluas.

“Sehingga, masyarakat dapat mengakses berbagai intervensi yang kita lakukan dan itu akan mendorong partisipasi publik sebagai bagian dari penguatan program yang kita lakukan,” pungkasnya.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian Dan Pengembangan (Bappepan) Dinkes Mamuju, Budianto Muin Mengajak semua peserta rembuk stunting dan pemangku kepentingan untuk berkolaborasi mewujudkan apa yang menjadi tujuan kegiatan tersebutm

“Harapannya semua bisa membuka diri agar penurunan angka stunting ini bisa kita wujudkan,” tutup Budianto Muin.

(*)

Bagikan

Komentar