banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) melalui instruksi Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakhrulloh, mengoptimalkan Gerakan Toilet Bersih (Tolsih) di seluruh pusat layanan kesehatan, termasuk Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di wilayah tersebut.

Tim satuan tugas (satgas) Tolsih, bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, terus berupaya meningkatkan penyediaan fasilitas toilet bersih di layanan publik, khususnya di sektor kesehatan, sebagai langkah penting dalam memastikan kenyamanan dan kesehatan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, Dr. Asran Masdy, menegaskan komitmen Pemprov Sulbar dalam mendorong semua pusat layanan kesehatan di wilayahnya untuk menerapkan dan memelihara toilet yang bersih. Ini merupakan bagian dari upaya menyediakan lingkungan yang sehat dan nyaman bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan.

Untuk memastikan efektivitas implementasi Gerakan Tolsih, tim satgas melakukan penilaian rutin terhadap kondisi kebersihan dan kenyamanan toilet di Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya. Hingga saat ini, sebanyak 98 Puskesmas di Sulawesi Barat telah dinilai, menunjukkan tingkat partisipasi yang tinggi dalam program ini.

Gerakan ini tidak hanya terfokus pada fasilitas kesehatan, tetapi juga diperluas ke berbagai fasilitas publik lainnya seperti pasar, terminal, tempat wisata, bandara, untuk mendukung program Kabupaten Kota Sehat (KKS) di Sulawesi Barat. Inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Pemprov Sulbar, di bawah arahan Prof. Zudan Arif Fakhrulloh, juga berencana memberikan penghargaan kepada pusat layanan kesehatan yang berhasil menerapkan dan memelihara standar kebersihan toilet dengan baik, sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya mereka dalam mendukung Gerakan Tolsih.

Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi model bagi daerah lain dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan kenyamanan masyarakat melalui pemeliharaan kebersihan fasilitas publik. (adv)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here