banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Pemprov Sulbar di bawah kepemimpinan Penjabat Gubernur Prof. Zudan Arif Fakrulloh, telah mengumumkan hasil penilaian Program Toilet Bersih (Tolsih) yang digagas sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas layanan kesehatan di wilayah tersebut. Program ini menargetkan peningkatan standar kebersihan di toilet-toilet yang terletak di pusat layanan kesehatan, termasuk Puskesmas di seluruh provinsi.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, Asran Masdy, menyatakan bahwa penilaian ini dilakukan oleh Tim Satgas Program Tolsih, yang telah mengunjungi 12 Puskesmas di enam kabupaten di Sulawesi Barat.

“Tujuan kami adalah untuk memastikan bahwa setiap toilet di fasilitas kesehatan di wilayah kami tidak hanya bersih tetapi juga nyaman bagi masyarakat,” ujar Asran Masdy, Rabu 28 Februari 2024.

Hasil penilaian menunjukkan bahwa 12 Puskesmas dari enam kabupaten telah memenuhi kriteria yang ditetapkan untuk Tolsih. Daftar puskesmas tersebut mencakup:

  • Kabupaten Polewali Mandar: Puskesmas Mapilli, Puskesmas Wonomulyo, dan Puskesmas Matangga.
  • Kabupaten Pasangkayu: Puskesmas Sarudu I, Puskesmas Lariang, dan Puskesmas Bambaira.
  • Kabupaten Majene: Puskesmas Lembang, Puskesmas Banggae I, dan Puskesmas Banggae II.
  • Kabupaten Mamuju Tengah: UPTD Puskesmas Pangale.
  • Kabupaten Mamasa: Puskesmas Aralle dan Puskesmas Mamasa.

Kriteria penilaian mencakup aspek kebersihan dan kenyamanan, ketersediaan air bersih, pemisahan toilet untuk laki-laki dan perempuan, ventilasi dan cahaya yang memadai, serta aksesibilitas bagi kelompok disabilitas.

Puskesmas Lembang di Kabupaten Majene berhasil meraih skor tertinggi dengan 100 poin, diikuti oleh Puskesmas Durikumba dari Kabupaten Mamuju Tengah dengan skor 95, dan Puskesmas Matangga dari Kabupaten Polewali Mandar dengan skor 90. Penghargaan ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas layanan kesehatan melalui fasilitas sanitasi yang lebih baik di seluruh Sulawesi Barat.

“Kami berharap inisiatif ini tidak hanya meningkatkan standar kebersihan di fasilitas kesehatan kami tetapi juga mendorong implementasi praktek sanitasi yang baik di seluruh masyarakat,” tambah Asran Masdy. Program Toilet Bersih ini merupakan langkah penting menuju pencapaian Kabupaten Kota Sehat (KKS) di Sulawesi Barat, menunjukkan komitmen kuat pemerintah provinsi dalam meningkatkan kualitas hidup warganya.

(*)
Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here