Salah satu jalan desa di Mamuju Tengah, yang diharapkan oleh warga, mendapatkan perhatian dari Kades terpilih di Pilkades 2021 ini. (Dok. Fhatur Anjasmara)
banner 728x90

 

Mateng, Katinting.com – Saat ini tidak kurang dari 40 desa yang dipimpin oleh penjabat Kepala Desa (Kades) di Mamuju Tengah, dari 54 desa yang ada. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah, sedang dalam persiapan proses menuju pelaksanaan Pilkades.

Saat ditemui diruang kerjanya, Ketua Panitia Pilkades Kabupaten yang dijabat oleh Plt. Asisten Pemerintahan Sekertariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Mamuju Tengah, Anwar Nasir, terungkap kalau Pemkab Mamuju Tengah, dipastikan tetap akan menggelar Pilkades tahun 2021.

Ia menuturkan kalau pelaksanaan Pilkades di Mamuju Tengah, pada 40 desa yang akan berpilkades, akan tetap dilaksanakan tahun 2021, dan saat ini panitia sudah memasuki pelaksanaan tahapan Pilkades, seperti menyusun tahapan Pilkades hingga menentukan bulan pelaksanaan Pilkades.

“Jadi kita di panitia kabupaten sudah menetapkan bulannya, yakni bulan November 2021, tapi tanggal Pilkadesnya belum kami tetapkan, karena, kami masih akan bertemu beberapa kali, dengan sejumlah stakeholder terkait, sebelum bersepakat tanggal pelaksanannya dari bulan yang telah kami tetapkan” tutur Anwar.

Ia menjelaskan, Pilkades yang akan dihelat di Bulan November, digelar dalam masa Pandemi Covid-19, sehingga beberapa proses akan berbeda dijabarkan saat sebelum Pandemi terjadi, sehingga ada beberapa kegiatan yang dimilimanisir.

“Termasuk penyiapan TPS Pilkades, untuk 40 desa yang berpilkades, hanya disiapkan sebanyak 76 TPS, sesuai dengan standar perhitungan pelaksanaan Pilkades dimasa Pandemi” jelas Anwar.

Karena pelaksanaan Pilkades ini tentu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, sementara beberapa daerah selama Pandemi Covid-19, melakukan refocusing anggaran tidak terkecuali Pemkab Mamuju Tengah, secara tegas, Ia menegaskan, kalau persoalan anggaran tak ada masalah, karena anggaranya telah disiapkan, sebab itu, pelaksanaan Pilkades akan tetap tuntas dilaksanakan pada Bulan November nanti.

“Saat ini, tahapan persiapan panitia sudah jalan, termasuk tahapan Pilkadesnya, sudah dimulai, dan kami akan segera menggelar pertemuan ditingkat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), untuk membicara yang lebih teknis lagi, sehingga proses perjalanan tahapan Pilkades ini, berjalan sesuai dnegan agenda yang kami rencanakan” pungkas Anwar.

(Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here