banner 728x90

Pemkab Mamuju Jadikan Pangan Sasaran Pengembangan Ekonomi Kreatif

1275 views
banner 728x90
Bupati Mamuju, Drs. H. Habsi Wahid, MM

Bupati Mamuju, Drs. H. Habsi Wahid, MM

 

Katinting.com, Mamuju – Misi Pemerintah Kabupaten Mamuju yang ke 3 ialah Meningkatan Kemampuan dan Kemandirian Ekonomi Masyarakat, Melalui Pengembangan Usaha dan Industri Rumah Tangga serta Dukungan Perbaikan Transportasi Masyarakat. Menjabarkan misi tersebut, Pemkab Mamuju mengajak setiap desa se Kabupaten Mamuju untuk memanfaatkan pangan yang ada di daerah masing-masing. Tidak dipungkiri, Mamuju kaya akan pangan lokal seperti jagung, ubi kayu, labu serta masih banyak lagi.

“Peluang ekonomi di Mamuju itu sangat besar. Makanya kita coba bangkitkan kegiatan ekonomi kreatif di Mamuju ini, salah satunya dengan mengolah pangan yang ada disekitar kita. Saya mengharapkan setiap desa mempunyai produk unggulan ekonomi kreatif,” Kata Bupati Mamuju, Drs. H. Habsi wahid, MM dalam acara Expose Direktur LPTTG-Malindo dan pengukuhan Forum Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat (FPUEM) Kabupaten Mamuju yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Mamuju, pada Jumat (13/5) malam.

Dari itu, Bupati Mamuju mengharapkan peran aktif para pelaku ekonomi disetiap desa. Dalam hal ini, Habsi Wahid menitip tanggung jawab kepada Ibu PKK setiap Desa untuk dapat menjadi ujung tombak dalam kegiatan ekonomi kreatif tersebut, salah satunya dengan cara selalu memberikan petunjuk kepada setiap pelaku ekonomi kreatif.

Pada kegiatan yang dihadiri para kepala desa serta camat dan Lembaga Swadaya Masyarakat, hadir pula Direktur LPTTG-Malindo (Lembaga Pengembangan Tehnologi Tepat Guna – Masyarakat Lokal Indonesi), DR. H. Sakaruddin, M.Si. pada kesempatannya, Sakaruddin mengekspose usaha yang ia rintis di kabupaten Masamba, Sulawesi Selatan, yang telah berhasil mengolah kurang lebih 260 jenis hasil perikanan-kelautan, pertanian serta perkebunan menjadi pangan kering (snack-tortila) produk layak pasar lokal/eksport.

Dalam pertemuan singkat tersebut, Sakaruddin sempat membagi tips sukses dalam menjalankan kegiatan ekonomi kreatif. Menurutnya, pelaku ekonomi harus bekerja dengan memadukan antara otak, otot dan hati. Ia melanjutkan, dalam mengerjakan kegiatan ekonomi kreatif, modal bukan menjadi yang utama melainkan skill dan mindsett, kedua alat, dan yang ketiga adalah modal.

Menunjukkan keseriusannya dalam mengolah pangan menjadi produk ekonomi kreatif masyarakat, Pemkab Mamuju memberi kesempatan kepada setiap desa mengutus 4 orang perwakilan pelaku ekonomi kreatif untuk menimba ilmu langsung di LPTTG-Malindo, selama 10 hari. Dengan harapan, misi ke 3 Kab. Mamuju dapat benar-benar terwujud. (Dian Hardianti Lestari)

Contoh kemasan produk pangan yang akan dikerjakan oleh ekonomi kreatif Mamuju

Contoh kemasan produk pangan yang akan dikerjakan oleh ekonomi kreatif Mamuju

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.