Sutinah saat sambutan pada acara peletakan batu pertama LPM Des di Desa Pokkang, Kecamatan Kalukku. (Hms)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com  – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mamuju bekerjasama tiga Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) membangun Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPM Des), oleh Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi melakukan peletakan batu pertama di Desa Pokkang Kecamatan Kalukku. Selasa, 31 Mei 2022.

Adapun tiga Gapoktan yaitu Gapoktan Mesa Pattuju Keren, Gapoktan Tujuh Wali, serta Gapoktan Limbong Tea Keren.

Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Mamuju, H. Lukman Sanusi SP, SE, MM dalam laporannya, menguraikan detail pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat Desa yang sekiranya akan kelar dalam jangka 3 bulan ke depan.

“Totalnya ada 3 lumbung yang akan dibangun, satu lumbung untuk satu Gapoktan. Setiap Gapoktan mendapatkan suntikan dana Rp. 467.000.000. Yang pertama kita akan membangun rumah RMU atau Rice Milling Unit dan bed dryer dengan ukuran 8x10x5m, kemudian lumbung itu sendiri dengan ukuran 10x10x5m kapasitas 100 ton, juga kita akan bangun lantai jemur berukuran 10x10m,” kat H. Lukman.

Lanjut dijelaskan, bahwa mesin giling padi/rice milling yang akan dihadirkan mampu menggiling 0.5 ton padi per jam nya. Juga bahwa bed dryer/alat pengering instan sanggup mengeringkan sebanyak 3.5 ton padi pernah proses.

Tujuan pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat itu sendiri adalah untuk meningkatkan volume cadangan pangan kelompok demi menjamin akses dan kecukupan pangan bagi anggotanya, serta untuk meningkatkan modal kelompok melalui pengembangan usaha ekonomi produktif di bidang pangan.

Sementara, Sutinah dihadapan masyarakat Desa Pokkang memberikan spirit, bahwa tidak boleh lagi ada yang malu jadi petani. Petani itu berdaya, dan tanpa petani roda perputaran hidup tidak akan ada.

“Kita sebagai pemerintah juga mensupport seratus persen teman-teman petani. Alsintan (alat mesin pertanian) nya kita adakan, bibitnya kita hadirkan, berasnya juga kita beli. Ayo kita terus bersinergi, sebab sinergitas itu kunci,” ucap Sutinah.

Kepala Desa Pokkang, Hasdir, menyambut baik pembangunan lumbung pangan tersebut. Ia berharap bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Semoga kita bisa mewujudkan masyarakat dan petani yang keren,” harap Hasdir.

Adv. Diskominfo/RF

Bagikan
Deskripsi gambar...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here