Pengungsi gempa M5,8 di stadion Manakarra, Mamuju. (Dok. Zulkifli)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Sehari setelah gempa M5,8, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto langsung ke berkunjug ke Mamuju melakukan rapat koordinasi percepatan penanganan pasca bencana gempa bumi di Kantor Gubernur Sulbar , Kamis (9/6/22).

Dalam rapat itu BNPB menyampaikan situasi pasca gempa M5,8 di Mamuju sudah terkendali, sehingga pengungsi sudah dapat kembali ke rumah masing-masing.

“Kami ingin menegaskan, sebelum kesini (Mamuju) kami mencari informasi yang valid. Di dunia ini tidak satupun ilmu mendeteksi kapan terjadinya gempa. Tetapi dengan perkembangan semakin tinggi, BMKG sudah memasang sesar, begitu kejadian kemarin, itu kemudian timbul lagi gempa susulan empat kali, tetapi semuanya menurun,” kata Kepala BNPB.

Sehingga pihaknya memastikan situasi saat ini sudah terkendali. Dia meminta masyarakat untuk tidak lagi panik dan segera kembali ke rumahnya masing-masing.

“Kalau mereka takut ke rumah, bikin tenda di rumah masing-masing,” sebutnya.

BPBD Kabupaten Mamuju, mencatat sebanyak 7.670 warga Kabupaten Mamuju saat ini berada di pengungsian. Sementara itu, BPBD Majene mencatat sebanyak 7.500 warga di Kabupaten Majene terdampak gempa, terpaksa harus mengungsi di sejumlah titik yang dianggap aman.

(rls/Zulkifli)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here