Personil TNI bersama masyarakat saat mengerjakan jalan rabat beton. (IST)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Kurang sepekan jelang berakhirnya progam TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) di Lingkungan Kassa, Kelurahan Sinyonyoi, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, pekerjaan fisik hampir semua rampung, dan kali ini yang di prioritaskan adalah pekerjaan pembuatan plat duicker dan pengecoran rabat beton.

Program keterpaduan antara TNI bersama rakyat dan dukungan pemerintah daerah ini sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, penerima manfaat di lingkungan kassa mencapai 150 kepala keluarga.

Dansatgas TMMD Letkol Inf M. Imasfy, mengatakan, sebagian besar sasaran fisik telah rampung namun masih ada yang perlu dibenahi agar hasilnya lebih maksimal. Tinggal beberapa hari kedepan TMMD ini akan ditutup, sehingga kita mengecek kembali seluruh sasaran fisik yang telah dikerjakan dan yang masih kurang kita benahi, ucapnya

TMMD Ke-114 mulai dicanangkan 26 Juli 2022 lalu, dan akan berakhir sampai 25 Agustus 2022. Kelurahan Sinyonyoi sudah tercatat ketiga kalinya disasar program TMMD dengan lokasi yang berbeda, pertama di era orde lama tahun 1960, dan TMMD kedua era orde baru tahun 1990 dan pasca reformasi yakni tahun ini 2022 kembali dilaksanakan di Lingkungan Kassa.

Sejumlah orang dari berbagai latar berlakang terlibat dalam program ini, bahu membahu membangun di Lingkungan Kassa yang jaraknya dari poros utama kurang lebih 5 Km, namun menempuh waktu 10 menit, karena merupak wilayah ujung dari Wilayah Kecamatan Kalukku.

Sebanyak 150 orang diantaranya dari, Kosatgas 15 orang, Koki dan SST 44 orang, Yonif 721/Mks 2. SST 50 orang, Lanud 10 Orang, Lanal 5 orang, Polri 12 orang, Pemda 16 orang dan masyarakat 80 orang.

Sedangkan sasaran TMMD di Lingkungan Kassa ada tujuh jenis, diantaranya gorong-gorong 5 unit, Rabat Beton dengan volume panjang 250 meter dan lebar 4 meter, Plat Duicker 3 Unit, peningkatan jalan sepanjang 100 meter dengan lebar 4 meter, kemudian pembuatan MCK 1 unit, kemudian ada rehab Masjid 1 unit, dan yang pertama selesai dikerjakan itu pembukaan jalan serta drainase sepanjang 1.500 Meter.

Tidak hanya kegiatan infrasturuktur fisik yang dikerjakan di TMMD di Kassa, tapi juga nonfisik, berupa kegiatan penyuluhan Wasbang dan bela negara, penyuluhan pertanian, penyuluhan hukum dan Kamtibmas, penyuluhan KB kesehatan, dan penyuluhan Stunting.

Letkol Inf. M.Imasfy menjelaskan, pembangunan fasilitas umum berupa MCK yang dibangun di dekat pemukiman warga telah tuntas 100 persen termasuk rehab Masjid. Ia pun berharap warga segera memanfaatkannya.

“Saya berharap agar masyarakat di Lingkungan Kassa, Kelurahan Sinyonyoi Kecamatan Kalukku memelihara dan merawat seluruh sasaran fisik yang telah dibangun oleh Satgas TMMD Ke 114, agar masa pakainya dapat berlangsung lama,” kata perwira dua melati ini.

Sejumlah personil TNI saat mengerjakan jalan rabat beton. (IST)

Melalui TMMD, TNI akan membantu Pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara, membantu percepatan pembangunan dan menjaga Kamtibmas di pedesaan dalam rangka mewujudkan Ketahanan Nasional yang mantap di segala bidang kehidupan masyarakat.

Kepala lingkungan Kassa, Najamuddin merasa bersyukur dengan adanya program tentara masuk desa, ia menyampaikan terima kasih atas semua usaha yang telah dilakukan oleh personil TNI dan Polri yang membantu.

Ia menuturkan, selama ini (sebelum ada program TMMD) jalan tidak bisa dilalui motor, apalagi kendaraan roda empat. Alhamdulillah sekarang bisa semua.

“Masyarakat sangat senang, dengan kerja keras tentara nasional Indonesia kami semua merasakan manfaatnya. Ini juga sebuah bentuk kado terindah di HUT RI Ke-77 bagi kami masyarakat di Lingkungan Kassa, tetap jaya TNI bersama rakyat lebih kuat,” tutupnya.

(Anhar)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here