Mendagri Tito Karnavian Lantik Lima Penjabat Gubernur. (*)
banner 728x90

Jakarta, Katinting.com – Berdasarkan Keputusan Presiden No. 60/P Tahun 2024, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik lima penjabat gubernur pada Jumat, 17 Mei 2024, di Ruang Sasana Bakti Kemendagri. Pelantikan ini bertujuan untuk mengisi kekosongan jabatan gubernur di beberapa provinsi.

Pejabat yang dilantik adalah Drs. Samsuddin Abd Kadir sebagai PJ Gubernur Maluku Utara, Dr. Al Muktabar sebagai PJ Gubernur Banten, Dr. Bahtiar Baharuddin sebagai PJ Gubernur Sulawesi Barat, Dr. Moh Rudi Salahuddin sebagai PJ Gubernur Gorontalo, dan Prof. Zudan Arif Fakrulloh sebagai PJ Gubernur Sulawesi Selatan.

Acara pelantikan dihadiri oleh sejumlah pejabat dari Pemprov Sulbar, Forkopimda Sulbar, DPRD Sulbar, serta tokoh masyarakat asal Sulbar.

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan bahwa pelantikan PJ Gubernur di lima daerah ini bertujuan untuk mengisi kekosongan jabatan hingga masa Pilkada selesai. Penunjukan para penjabat gubernur didasari atas usulan dari DPRD, bupati, walikota, dan pemerintah pusat.

“Masa jabatan PJ Gubernur kemungkinan besar akan berlangsung hingga Januari 2025. Namun, jika terjadi perselisihan di MK, masa jabatan bisa diperpanjang,” kata Tito.

Tito juga berharap agar PJ Gubernur Sulbar dan PJ Gubernur Sulsel (Bahtiar dan Zudan) mendapatkan banyak pengalaman dalam menjalankan fungsi pemerintahan di daerah.

“Semakin banyak pengalaman di daerah, semakin memahami kebutuhan lokal sehingga dapat membuat kebijakan yang tepat,” pungkasnya. (*)

 

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here