Kepala Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian Mamuju Tengah, Asmira Djamal. (Dok Ist)
banner 728x90

 

Mamuju Tengah, Katinting.com – Salah satu hak pelaku usaha menengah kecil mikro (UMKM) yang wajib disiapkan oleh pemerintah, dalam melindungi para pelaku UMKM, adalah menyiapkan layanan memperoleh perizinan terhadap usaha para kelompok UMKM, yang dapat dengan mudah diakses.

Untuk itu melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (DPMPTSPKUKM), Pemkab Mamuju Tengah, menyiapkan layanan yang mudah di akses oleh pelaku usaha UMKM, dalam mendapatkan layanan perizinan, berbasis online.

Saat dihubungi oleh laman ini, Kepala Dinas PMPTSPKUKM Mamuju Tengah, Asmira Djamal, mengungkapkan dari kemudahan yang didapatkan oleh pelaku UMKM mendapatkan perizinan pada usaha mereka, maka capaian pemberian layanan izin kelompok UMKM, melampaui capaian tahun 2021.

“Tahun 2022, lebih dari 11 persen, capaian pemberian izin kepada pelaku UMKM di Mamuju Tengah, yakni tahun 2021 kami hanya mengeluarkan izin kepada 1203 UMKM, namun pada tahun 2022, naik 1336 UMKM yang mendapatkan izin dari Pemkab Mamuju Tengah, melalui DPMPTSPKUKM” ungkap Asmira.

Katanya, tentu peningkatan yang cukup besar ini, merupakan buah dari implementasi pelayanan yang di siapkan oleh DPMPTSPKUKM Mamuju Tengah, dalam melaksanakan tanggungjawab, untuk memberikan pelayanan yang menjadi hak penuh dari pelaku UMKM.

“Dan luar biasanya, karena kami tidak menemukan kendala berarti dalam melayani para pelaku usaha dari kelompok UMKM ini, kalaupun kemudian ada kendala, bukan pada persoalan teknis, tapi pada faktor non teknis yang diluar kendali kami, yaitu gangguan sistem aplikasi yang benar benar murni karena gangguan jaringan” kata Asmira.

Salah seorang pamong perempuan di jajaran eselon II ini, lebih jauh menyampaikan peningkatan jumlah UMK pada dasarnya dipicu oleh dua faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal.

“Faktor internalnya, pelaku UKM itu sendiri berminat membuat UKM, karena mereka merasa dapat memperoleh penghasilan dari usaha UKMnya. Sedangkan faktor eksternalnya, adalah adanya kemudahan dalam mengakses atau mengurus izin usaha UMKM mereka, sehingga mereka juga mudah dapat mengakses permodalan, seperti bantuan KUR atau Bantuan Hibah dari pemerintah.” pungkas Asmira. (Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here