banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Terus berkomitmen dalam upaya meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat, Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi kembali menyerahkan enam unit ambulace kepada pemerintah desa.

Penyerahan itu dirangkaikan dengan puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Mamuju yang di pusatkan di Desa Sumare, Senin 13 November 2023.

Menariknya, bukan hanya ambulance berupa kendaraan roda empat yang diberikan untuk membantu masyarakat, namun terdapat satu unit ambulance laut berbentuk speed boat (perahu motor) yang diperuntukkan khusus bagi masyarakat Kecamatan Balabalakang yang memang berada di wilayah kepulauan terluar dari Kabupaten Mamuju.

Penerima bantuan tersebut, Kepala puskesmas Salissingan, Kecamatan Balabalakang, Kurniawan, menyampaikan penghargaan dan rasa terimakasih kepada bupati mamuju. Ia menilai adanya ambulance laut yang memang telah lama di idamkan masyarakat diwilayah kerjanya, akan sangat membantu dalam upaya penanganan kondisi darurat maupun untuk merujuk pasien yang harus menerima penanganan lanjutan.

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk memanfaatkan ini (ambulance laut, red) dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat,” kata Kurniawan.

Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi, berharap agar ambulance yang diberikan dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik, terutama bagi para kepala desa yang harus secara mandiri dapat membiayai perawatan dan operasional ambulance yang telah diterima. Sehingga tidak boleh ada pungutan bagi masyarakat yang ingin menggunakan ambulance dengan spesifikasi Toyota Hilux dobel kabin tersebut.

“Untuk saat ini masih ada tujuh ambulance yang akan kembali kita berikan ke desa, dan sementara kita verifikasi lagi yang siap berkomitmen untuk membiayai perawatan maupun pembelian bbmnya, sehingga mereka tidak hanya menerima tapi juga siap untuk melayani masyarakat secara cuma-cuma,” ungkap Bupati.

Terkhusus ambulance laut yang juga telah diserahkan, Sutinah mengaku ambulance berbentuk perahu motor tersebut memang sengaja diberikan untuk membantu warga balabalakang, terutama untuk memberikan pertolongan pertama bagi warga yang ada di wilayah kepulauan tersebut.

Oleh karenanya pada ambulance laut yang saat ini disandarkan di pelabuhan kelas 1 Mamuju itu, telah disiapkan berbagai fasilitas medis dasar yang dapat digunakan dalam kondisi darurat maupun untuk merujuk pasien ke Rumah sakit di kota Mamuju.

Adapun lima desa yang hari ini telah menerima ambulance antara lain :

1. Desa taan
2. Desa tumonga
3. Desa Tamalea
4. Desa Salubarana
5. Desa Pangasaan
6.Puskesmas Salissingan (ambulance laut)

(Advertorial)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here