banner 728x90

Jakarta, Katinting.com – Dalam acara Rakernis Humas 2024 yang diadakan di Jakarta, Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Donny Yoesgiantoro menekankan pentingnya keterbukaan informasi publik untuk mendukung stabilitas sektor keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Menurutnya, era modern menuntut transparansi yang lebih besar dalam penyebaran informasi sebagai salah satu bentuk pertahanan nasional.

“Keterbukaan informasi berperan vital dalam perang modern, yang bukan lagi mengandalkan kekuatan fisik, melainkan kekuatan informasi,” ujar Ketua Donny.

Ia menambahkan bahwa intelijensi adalah kunci dalam navigasi perang informasi, menekankan pentingnya setiap individu untuk memiliki akses terhadap informasi yang sesuai.

UU KIP Nomor 14 Tahun 2018 mendukung hak setiap individu untuk mengakses informasi publik. Namun, Donny mengingatkan bahwa ada batasan terkait informasi yang bisa diakses publik, seperti rahasia negara, rahasia pribadi, dan rahasia bisnis, yang jika dibuka dapat membahayakan pertahanan atau keamanan negara.

Lebih lanjut, Donny menyoroti beberapa tantangan yang dihadapi dalam keterbukaan informasi, termasuk belum menjadi budaya di beberapa badan publik dan pola pikir beberapa pimpinan yang masih meremehkan pentingnya transparansi.

Ketua KIP menyerukan adanya perubahan dalam pemahaman dan praktik keterbukaan informasi untuk mendukung stabilitas sektor Kamtibmas dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan publik.

(*)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here