banner 728x90

Kelapa Sawit Tidak Layak di Polman

987 views
banner 728x90

Dialog Terbuka yang digelar PMII Polman

Dialog Terbuka yang digelar PMII Polman

Polman, Katinting.com – PMII Cabang Polman gelar dialog terbuka yang bertempat di Aula gedung PKK Kabupaten Polewali Mandar. Minggu (31/07).

Dialog ini mengusung tema peluang dan tantangan pemerintah daerah dalam mewujudkan kesejahteraan pangan di Sulawesi Barat.

Sebagai pemateri dan narasumber, kabid Holtikultura menuturkan bahwa Polewali Mandar itu banyak tanah kritis, tidak layak kelapa sawit untuk penanaman kelapa sawit itu butuh kajian, sebab kelapa sawit bagusnya lahan basah dan rawa, karena sawit itu mempunyai kebutuhan air yang banyak.

Selain itu menurutnya, kelapa sawit belum terserang penyakit hama sudah disemprot kimia. Sehingga banyak pemakaian pupuk kimia. “Bukan dilarang pakai pestisida, tapi belum waktunya pakai pestisida itu sudah dipakai. Tapi kita sudah coba cari pestisida yang alami,” terangnya.

Sementara itu pemateri lainnya, menuturkan, yang menjadi problem adalah penyuluh pertanian yang harusnya mendampingi petani tapi malah bisnis. “Susah kalau bicara pangan tapi tidak serius. Pemerintah dan teman-teman yang peduli terhadap pangan, kita perlu menyusun paradigma baru soal pertanian. kalau mau serias soal ketahanan pangan ini,” terangnya. (Anhar Toribaras)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.