banner 728x90

Kades Se Mamuju Ikuti Bimtek Penyusunan RPJMDes

Tidak ada komentar 1017 views
banner 728x90

 

Sekda Mamuju di dampingi Firman dan Wahab saat pembukaan Bimtek Penyusunan RPJMDes

Sekda Mamuju di dampingi Firman dan Wahab saat pembukaan Bimtek Penyusunan RPJMDes


Katinting.com, Mamuju – Pemerintah Kabupaten Mamuju bekerjasama dengan Pusat Study Pengembangan Sumber Daya Insani (sata – SDI) melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Desa (RPJMDes) yang diharapkan dapat membantu kepala desa untuk membangun desanya dengan  penyusunan RPJMDes yang baik.

Mengusung tema, revitalisasi peran kepada desa dalam membangun desa yang maju, sejahtera dan ramah, dihadiri oleh Sekertaris Daerah kabupaten Mamuju Drs. Daud Yahya, M.Si, Direktur Pusat Study Pengembangan Sumber Daya Insani (sata-SDI)  ABD Wahab, S.Sos, Kabid Binaprogram BPMPD Kab.Mamuju Firman Hidayat, kepala Desa Se Kab. Mamuju dan pendamping Desa sebanyak 10 orang.
 
ABD Wahab, S.Sos, direktur pusat (sata-SDI) mengatakan kepada peserta bahwa kegiatan ini sudah jauh sebelumnya sudah terencana lebih awal tapi banyaknya kendala sehingga baru terlaksana, ini pertama kalinya Sata – SDI menemani seluruh kepala desa yang sebelumnya sejak tahun 2009 lalu sata – SDI berdiri dengan baground pusat Study Penegembangan Sumber Daya Insani  (sata – SDI) di awal kami memulai memaksimalkan potensi sumber daya di mahasiswa dan masyarakat secara umum dan hari ini kita sama – sama menguatkan leadership kita sebagai orang yang berada di puncak Pemerintah Desa dan tentu saja hal ini sangat di harapkan oleh Pemerintah kabupaten dimana sinergitas tentang Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Daerah akan teresap habis di RPJMDes, semoga dengan kegiatan ini akan ada tindak lanjut yang berkesinambungan untuk membangun Daerah Mamuju. Pungkasnya.
 
Sementara, Firman Hidayat juga menyampaikan terkait kronologis bimtek RPJMDes hampir 100 % desa sudah memiliki rencana pembangunan namun dari sekian itu hampir 100% juga belum sempurna masih banyak kekurangan, sehingga melalui pelatihan ini kita mampu menyusun RPJMDes dengan terlebih dahulu memperoleh dokumen yang betul yang dapat di gunankan sebagai salah satu dokumen patokan dalam merencanakan pembangunan Desa harus berasal dari data – data akurat yakin saja, itu tidak akan terlaksana tanpa ada data yang pasti, olehnya itu melalui sata – SDI ini kita bisa bekerja sama untuk menyusun pelatihan peningkatan kapasitas termaksud workshop RPJMDes. Kegiatan ini akan lanjut sampai 2016 – 2017 karena 2017 akan ada pemilihan kepala Desa serentak 34  Desa di Kabupaten Mamuju,  artinya 34 Desa akan menyusun RPJMDes yang baru lagi, Sehinga kita programkan penyusunan RPJMDes dapat terus berlangsung, haturnya.
 
Sedangkan, Sekertaris Daerah Kabupaten Mamuju yang membuka secara resmi bimtek tersebut mengharapkan Setelah kita mengikuti bimbingan teknis kita dapat mengaplikasikannya di desa kita, saya berharap terkhusus, kepada lembaga penyelengara dalam hal ini sata – SDI agar betul – betul para nasumber bisa menyampaikan materi sebaik – baiknya sehingga para kepala desa dan juga para pendampingnya yang ikut sebagai peserta, bisa mengikuti dan menerima materi itu dengan sebaik-baiknya seperti apa yang kita harapkan, kaitanya dengan penyusunan RPJMDes kita di desa kita masing – masing, harapnya. (Lisa/Anhar)

Bagikan
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kades Se Mamuju Ikuti Bimtek Penyusunan RPJMDes"