oleh

Jual Hasil Panen di Pasar Ramadan, Sobis Pammase Juga Bagi Hasil Panen dengan PAUD dan NGO

-Daerah, Ekobis-357 Dilihat
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Bulan Ramadan 1443, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mamuju menyelenggarakan pasar ramadan sejak 4 – 23 April 2022, yang dimeriahkan berbagai UMKM serta beberapa kegiatan usaha keuangan (finance) termasuk kegiatan CSR PTTEP yakni Sobis Pammase yang menata produk madu, propolis dan ayam kampung beku.

Bupati Kabupaten Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi usia membuka acara, mengunjungi stand pameran Sobis Pammase, madu, propolis dan ayam kampung, yang cukup menyita perhatiannya untuk mengetahui lebih jauh mengenai produk ini.

Sutinah menyampaikan, “Semoga hari ini laku semua yah, ” ucap beliau.

Sejak tahun 2018, setelah rutin menyelenggarakan dan membangun PAUD di Mamuju, Majene dan Polewali Mandar, CSR PTTEP Indonesia menginisiasi program pemberdayaan ekonomi yang bertujuan mampu memberikan nilai tambah dan berbagi dampak kepada pengelola PAUD serta
masyarakat sekitar.

Oleh karena itu, dibentuklah lima unit usaha berbasis agrobisnis yang potensinya tinggi
dikembangkan di wilayah tersebut. Diantaranya tambak udang vannamei, dua peternakan ayam kampung KUB (Kampung Unggul Balitnak), peternakan bebek dan peternakan lebah madu trigona.

Kelima unit ini berada di bawah koordinasi perkumpulan kelompok usaha agrobisnis yang berorientasi sosial, Sobis Pammase namanya, dengan membagi keuntungan yang didapat kepada komunitas PAUD.

Jelang lebaran, hasil panen tersebut bukan hanya dijual di Pasar Ramadan, namun juga
membagi hasil panen ayam kampung karkas kepada 9 PAUD dan 2 NGO (Non-Governmental Organization) yang berada di Mamuju dan Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Penerima manfaat dari program berbagi panen ini diantaranya merupakan PAUD binaan CSR PTTEP Indonesia, yaitu Siola Matahari di Kota Mamuju, Siola Gemilang Azzahra di Sinyonyoi, Siola Ashabul Maimanah di Sampaga, Siola Teratai di Papalang, Siola Pasir Putih di Tapalang Barat, Taman Siwaliparri Malaqbiq di Campalagian, Taman Siwaliparri Alimuddiniyah di Wonomulyo, Taman Siwaliparri Permata Hati di Balanipa, Taman Siwaliparri Tinambung serta Yayasan Karampuang di Mamuju dan Yayasan Masyarakat Mandar Madani di Polewali Mandar.

Pemberian bagi hasil produk ayam kampung untuk PAUD diatas diwakili oleh Ahmad Azikin sebagai Koordinator Sobis Pammase dan perkumpulan ini tetap berkomitmen menjadi social enterprise yang bertujuan membangun kemandirian ekonomi lokal dan berbagi dengan komunitas PAUD.

(Rls/Ed: Anhar)

Bagikan

Komentar