Pelaksanaan Vaksinasi di Mamuju Tengah yang di ikuti sejumlah pelajar. (HMS)
banner 728x90

Mateng, Katinting.com –  Polres Mamuju Tengah terus berupaya meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 melalui program Grebek Desa. Upaya ini untuk mendukung percepatan pencapaian herd immunity.

KBO Sat Binmas IPDA Ludiyanto saat meninjau pelaksanaannya di Desa Mahahe, Kecamatan Tobadak, Kabupaten Mateng , Sabtu (02/10), menjelaskan, Grebek Desa yang sedang di gencarkan ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan capaian vaksinasi dan membentuk herd immunity karena Vaksinasi atau imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi.

Grebek Desa merupakan program vaksinasi yang difokuskan di suatu desa hingga vaksinasi tuntas. Vaksinasi itu dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat Covid-19.

“Jangan takut divaksin karena itu sudah dinyatakan halal dan aman oleh pemerintah demi untuk mencegah dan meminimalisir transmisi penyebaran Covid-19 kembali bertambah,” jelasnya.

Dengan gerakan Grebek Desa vaksinasi Covid-19 ini, IPDA Ludiyanto berharap wabah virus berbahaya itu segera berlalu dan perekonomian bangsa dan negara segera pulih.

Sementera itu, grebeg dan monitoring pelaksanaan vaksinasi juga dilaksanakan di Desa Tabolang Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah.

IPDA Baktiar mengungkapkan, masyarakat tidak perlu takut divaksin karena vaksin aman. Menurutnya, vaksinasi merupakan ikhtiar bersama untuk menjaga kesehatan dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mamuju Tengah.

“Bapak dan ibu harus yakin, pemerintah tidak akan mencelakakan rakyatnya. Ini adalah bentuk ikhtiar kita dalam melawan Covid-19. Dengan vaksin, imunitas atau antibodi kita ditingkatkan,” tegasnya.

Meski demikian, Baktiar juga meminta kepada warga yang sudah divaksin untuk tetap menjalankan protokol kesehatan 6M. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan menghindari makan bersama.

Dalam pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Mamuju Tengah, Bahtiar menyebutkan jumlah  807 dosis vaksin yang berhasil dilakukan hari ini. dia meminta agar warga tak perlu khawatir karena pemerintah daerah saat ini masih punya banyak dosis vaksin.

Lebih lanjut Bahtiar mengungkapkan, akan terus menggencarkan program ‘Grebeg Desa’ sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan capaian vaksinasi dan membentuk herd immunity. Melalui vaksinasi, diharapkan membuat sistem kekebalan tubuh warga lebih meningkat sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan angka kematian akibat Covid-19.

(HMS/Ed: Arham Bustaman)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here