Foto peringatan Hari Santri di Matra
Foto peringatan Hari Santri di Matra
banner 728x90

Matra, Katinting.com – Peringatan Hari Santri yang jatuh setiap tahun tepatnya tanggal 22 Oktober dirayakan secara meriah di setia penjuru tanah air tak terkecuali di Kabupaten Mamuju Utara.

Serangkain acara telah di gelar. Diawali dengan pembacaan yasin dan tahlil pada malam Jum’at, (20/10). Kegiatan kemudian dilanjutkan esok harinya dengan diskusi tentang Resolusi Jihad NU dan Nonton Bareng film Lion of the Desert, di kampus STIT DDI Pasangkayu (21/10). Sebuah film yang menceritakan tentang kisah perjuangan seorang Sufi, bernama Umar Mukhtar dalam bangsanya melawan kekuatan Fasis Italia.

Rangkaian peringatan Hari Santri di Matra di tutup dengan Kegitan Istighosah dan pembacaan Shalawat Nariyah. Yang dilaksanakan di Ponpes Silahul Muslimin Desa Bulu Mario Kecamatan Sarudu pimpinan Ustadz Asrori Minggu,  (23/10).

Menurut Untung Alwi kordinator kegiatan, bahwa pembacaan Yasin dan Tahlil adalah merupakan tradisi rutin kader-kader Ansor dan PMII Matra setiap malam Jum’at. Sementara Pemutaran Film Lion of The Desert adalah pilihan yang tepat karena spirit perjuamgan Umar Mukhtar mursyid Tarekat Sanusiah yang bahu membahu berjuang dengan santrinya memerdekakan bangsanya. Sama dengan Perjuangan kaum santri yang menyambut seruan Resolusi Jihad KH. Hasyim Asy’ari, pada tanggal 22 Oktober 1945.

Sementara pelaksanaan Istighosah adalah hasil koordinasi Pengurus Cabang Ansor dengan PCNU Matra. Semula Peringatan Hari Santri akan kami lakukan dengan upacara dan Kirab Santri. Namun karena momennya tidak terlalu berjauhan pelaksanaan Istighosah dan peringatan Hari Santri disatukan, tambahnya.

(Laporan : Rizal Warga NU Matra)

Bagikan
Deskripsi gambar...