HM. Yunus Alsam mewakili pemda saat penutupan Hari Jadi Kabupaten Pasangkayu
banner 728x90

Pasangkayu, Katinting.com – Pemerintah daerah Pasangkayu menutup secara resmi kegiatan Hari Jadi Kabupaten Pasangkayu XXI, Selasa, 23 April 2024.

Kegiatan ini berlangsung di halaman Kantor Bupati Pasangkayu, Sulawesi Barat. Asisten I Setda Pasangkayu, HM. Yunus Alsam mewakili bupati menyampaikan agar momen ini tidak hanya menjadi formalitas.

Kejari Pasangkayu, Kemenag Pasangkayu, Dandim Pasangkayu, Kapolres Pasangkayu, sejumlah anggota DPRD Pasangkayu, serta beberapa Kepala OPD dan lainnya tampak hadir.

Kata Yunus, setiap April menjadi bulan kegembiraan buat semua masyarakat Pasangkayu. Pasalnya pada bulan ini merupakan hari jadi Kabupaten Pasangkayu.

“Alhamdulillah, pada malam hari ini kita bersama-sama berkumpul di tempat ini untuk melaksanakan satu rangkaian acara penutupan hari jadi Kabupaten Pasangkayu,” sambut Yunus.

Dia menjelaskan, usai penetapan maka dilakukan peninjauan dari beberapa sisi, yakni sejarah, agama, tinjauan filosofis, tinjauan aturan dan tinjauan tinjauan sosial lainnya.

Sehingga hari jadi kabupaten ditetapkan pada tanggal 18 April merupakan perwujudan dari garapan dan galian serta analisa dari semua tinjauan.

Pembagian hadiah kepada pemenang lomba pada Hari Jadi Kabupaten Pasangkayu

Kemudian KAPKP (komite aksi pembentukan kabupaten Pasangkayu) menggambarkan dari tinjauan wilayah geografis ketika itu ada empat Kecamatan yakni, Sarudu, Kecamatan Baras, Pasangkayu dan Bambalamotu.

Sedangkan tinjauan dari segi budaya diwakili empat etnis besar yaitu, suku Bugis, Mandar, Kaili dan Makassar serta suku-suku lain yang mendiami wilayah ini.

“Saya berharap momeb hari jadi kabupaten Pasangkayu bukanlah sekedar formalitas, tetapi akan penuh makna agar dapat mengangkat harkat, martabat, dan jati diri daerah dan berperan sebagai wahana bagi seluruh masyarakat dan menjadi motivasi terhadap generasi yang akan datang,” harap dia.

Pada kesempatan ini, pemda Pasangkayu juga membagikan sejumlah hadiah lomba kepada pemenang dari berbagai kategori.

Diskominfopers Pasangkayu

Arham Bustaman

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here