Orsan Soleman. (ist)
banner 728x90

Mamasa, Katinting.com – Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo, mengunjungi Kabupaten Mamasa dalam rangka kunjungan kerja pada Selasa (23/4/2024).

Kehadiran beliau dalam kunjungan ini menjadi momen bersejarah bagi Kabupaten Mamasa, khususnya dalam upaya penataan dan pembangunan daerah tersebut.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi melawat dua titik lokasi penting, yakni Pasar Tumpah Mamasa dan RSUD Kondosapata Mamasa. Kedatangan beliau disambut antusias oleh masyarakat setempat dan juga disambut hangat oleh Ketua DPRD Kabupaten Mamasa, Orsan Soleman.

Orsan Soleman, dalam pernyataannya kepada awak media, mengungkapkan bahwa kehadiran Presiden Jokowi merupakan anugerah bagi bumi Kondosapata.

“Kehadiran Jokowi adalah Anugerah bagi Kabupaten Mamasa, dengan hadirnya Jokowi kita semangat dalam menata dan membangun Mamasa,” ungkap Orsan.

Menanggapi kunjungan tersebut, Presiden Jokowi menyatakan komitmennya untuk membangun jalan daerah melalui Kementerian PUPR. Orsan Soleman menjelaskan bahwa pembiayaan pembangunan jalan ini memerlukan aturan yang telah dipahami bersama, namun terkadang terbatas dalam APBD. Oleh karena itu, diharapkan ada subsidi langsung dari Presiden untuk mendukung pembangunan tersebut.

Orsan juga menyampaikan bahwa kondisi Mamasa saat ini telah dipahami dengan baik oleh Presiden Jokowi melalui biro sekretariat Presiden yang telah mengambil data secara terbuka tentang kondisi Kabupaten Mamasa.

“Melalui kunjungan Presiden ini, kita memiliki kesempatan untuk meminta, sehingga Presiden sudah mengungkapkan bahwa ada pasar masyarakat di berbagai tempat namun akses jalan tidak baik, juga ada pasar swasta,” katanya.

Selain pembangunan pasar di Mamasa, Presiden juga berjanji untuk membenahi RSUD Kondosapata Mamasa serta meningkatkan SDM dan fasilitas kesehatan yang memadai.

“Saya lihat Bapak Presiden sudah paham, sehingga beliau sudah memerintahkan Menteri PUPR untuk membangun pasar. Juga fasilitas di rumah sakit seperti yang diungkapkan oleh Pak Presiden akan melengkapi fasilitas di RSUD agar pelayanan berjalan baik dan tenaga medis ahli dapat bertambah,” tambah Orsan.

Kunjungan Presiden Jokowi di Mamasa diharapkan akan memberikan dorongan besar bagi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Mamasa, serta menjadi bukti nyata komitmen Pemerintah Pusat untuk mendukung pembangunan daerah-daerah di Indonesia.

Laporan: Saldinyawan

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here