Rapat penetapan harga TBS Kelapa sawit yang dilaksanakan Disbun Sulbar. (*)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Rapat Penetapan Indeks “K” dan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Produksi Pekebun Se-Sulbar Periode Februari 2024 di Hotel Berkah Jln. Soekarno Mamuju pada Rabu, 7 Februari 2024.

Penetapan harga TBS bertujuan sebagai pedoman bagi Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dalam pembelian TBS dari petani kelapa sawit. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian RI No. 01/Permentan/KB.120/1/2018 tentang Pedoman Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Pekebun.

Harga TBS sawit adalah harga standar yang berlaku bagi petani yang menjalin kemitraan dengan pabrik kelapa sawit, sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam penentuan harga TBS.

Selain itu, penetapan harga ini bertujuan untuk memberikan kepastian dan perlindungan terhadap perolehan harga yang adil bagi petani, serta untuk mencegah persaingan tidak sehat antara PKS.

Dalam rapat tersebut, Tim penetapan sepakat bahwa harga penjualan TBS Sulbar untuk tanaman kelapa sawit berusia 10-20 tahun pada periode Februari 2024 adalah sebesar Rp. 2.240,89/kg, mengalami kenaikan dibandingkan dengan periode Januari 2024 yang sebesar Rp. 2.208,23/kg. Kenaikan ini menunjukkan stabilitas harga TBS kelapa sawit Sulbar pada bulan Januari.

“Harga TBS ini ditetapkan oleh tim penetapan dengan mengambil peran dari data-data perusahaan yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Kenaikan harga ini sebesar Rp. 32,66,” kata Herdin Ismail, Kepala Dinas Perkebunan Sulbar.

Rapat tersebut dihadiri oleh Tim Penetapan Harga TBS Kelapa Sawit yang terdiri dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Sulbar dan tingkat kabupaten, serta dihadiri pula oleh Asisten II Pemprov Sulbar dan perwakilan dari Kepolisian Daerah Sulbar.

Dengan penetapan harga TBS ini, semua perusahaan diharapkan untuk memberlakukan harga TBS sesuai dengan yang ditetapkan oleh Tim penetapan. Harga TBS tersebut berlaku mulai tanggal 7 Februari 2024 hingga penetapan harga TBS bulan berikutnya.

(rls/ed:Anhar)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here