Wakil Bupati Mamuju Tengah, H Muh Amin Jasa. (Dok. Ist)
banner 728x90

 

Mamuju Tengah, Katinting.com – Selasa besok (14/12) Kabupaten Mamuju Tengah, memasuki Hari Jadi ke – 9 Tahun, tentu beragam capaian telah di capai oleh daerah bergelar Bumi Lalla Tassisara ini, yang menjadi harapan para pejuang pembentukan pemekaran Kabupaten Mamuju Tengah.

Lalu, seperti apa capaian Mamuju Tengah hingga saat ini, dalam pandangan sejumlah tokoh di Mamuju Tengah, berikut petikan wawancara singkat jurnali www.katinting.com Fhatur Anjasmara bersama Wakil Bupati Mamuju Tengah, H Muh Amin Jasa, bertempat di ruang kerjanya pada Senin (13/12) :

+. Mamuju Tengah, memasuki Hari Jadi ke – 9 Tahun, ada beragam capaian yang sudah di hasilkan oleh kabupaten Mamuju Tengah, yang di rasakan oleh masyarakat secara luas. Apa yang Anda bisa sampaikan terkait apa yang di rasakan oleh masyarakat Mamuju Tengah ?

  • Saat ini kita sudah tiba di Hari Jadi ke -9 Tahun Mamuju Tengah, ini juga penanda kita sudah sampai pada satu tahun pertama periode kepemimpinan kami, sebagai Wakil Bupati Mamuju Tengah, bersama Bupati Mamuju Tengah, HM Aras T. Tentu, apa yang di sampaikan oleh masyarakat, bukan hal yang mengada ada, karena memang, tahun pertama periode kami, telah berhasil meletakkan dasar dasar pembangunan, yang memang menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Bisa, di lihat sendiri, bagaimana awal awal pembentukan daerah ini, semua serba kekurangan, tapi saat ini, bisa kita saksikan progres yang telah kami lakukan, mulai dari penyediaan air bersih, pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah, akses jalan dan jembatan keluar masuk desa, Pendidikan, penyediaan PKM yang bisa rawat nginap. Nah, jika kita mengibaratkan Mamuju Tengah ini adalah anak yang baru SD, tapi anak ini cerdas, intinya di situ, walaupun umurnya masih sangat muda, tapi karya yang di hasilkan sudah luar biasa.

+. Baik Anda mengatakan bahwa Mamuju Tengah ini, ibarat anak yang masih SD, tapi sudah melahirkan banyak karya yang bisa di nikmati oleh masyarakat pada umumnya, tentu ada kita dalam menuntun anak yang cerdas ini, tapi tak memungkiri bahwa ada kendala, lalu apa kendala yang Anda bisa sampaikan secara terbuka kepada publik ?

  • Kalau kami mengurai satu persatu, apa kendala yang kami alami dan dapatkan, dalam membangun Mamuju Tengah ini, tentu sangat banyak, dan tak cukup waktu untuk mengurainya di sini, tapi dalam beberapa catatan kami, diantara kendala yang kami alami, kembali pada penjelasan di awal tadi, di mana salah satunya, infrastruktur dasar itu, sangat memprihatinkan, seperti soal air bersih, beberapa tahun sebelumnya itu, kalau kita butuh air bersih, kita mesti membeli air sebanyak mungkin dari air isi ulang, karena di sini, semakin kita dalam melakukan pengeboran air, semakin kita sulit menemukan air bersih, yang tak berwarna, nah dengan semangat ingin merubah semuanya, memberikan yang terbaik kepada masyarakat, bersinergi dengan sejumlah pihak, maka hari ini, kita sudah menikmati air bersih di Mamuju Tengah, jadi kalau bicara kendala, semua sektor di Mamuju Tengah, punya kendala berat beberapa waktu lalu.

+. Sebagai Sekertaris Kabupaten Mamuju Tengah, pertama, yang turut dalam pembentukan pemerintahan pertama di Mamuju Tengah, bersama penjabat bupati Mamuju Tengah pertama kala itu, sampai kemudian saat ini Anda sudah periode memimpin Mamuju Tengah, sebagai Wakil Bupati Mamuju Tengah, Apa yang Anda ingin sampaikan terkait pelayanan dan penataan birokrasi di Mamuju Tengah, di usianya yang ke – 9 Tahun ini ?

  • Saya mau sampaikan dulu, terlalu keliru kemudian kalau kita juga mengatakan tidak berkembang, sebab saat ini sangat berkembang, justru dari awal kami sudah menata pemerintahan yang kuat dan baik, yang diharapkan bisa mengantarkan masyarakat menuju kesejahteraan yang mereka dambakan. Hanya memang, dari ketersediaan sumber daya manusia kita, masih terbatas, ada berbagai jurusan yang kami butuhkan, masih belum terisi, karenanya, kedepan, kami memang akan merekrut ASN yang memiliki keahlian berdasarkan kebutuhan yang di butuhkan Mamuju Tengah. Bila perlu kemudian, kami memberikan tugas belajar kepada sejumlah ASN yang kami anggap punya kemampuan mempuni, sehingga kami juga tidak serampangan memberikan tugas belajar. Misalnya, dari sektor kesehatan, kami menugas belajarkan, seperti dokter spesialis penyakit dalam, gisi dan ahli saraf. Demikian juga dengan jurusan yang lain, menjadi fokus perhatian kami, dan tahun ini ada yang sudah bergelar doktor, dan satu dua tahun kedepan juga ada tambahan, itulah kemudian perhatian kami dalam menata kualitas SDM aparatur di Mamuju Tengah.

+.Jadi ada satu kata yang menarik, sejak pemerintahan Mamuju Tengah ini di bentuk, yang selalu Anda gaungkan, mulai sejak Anda menjabat sebagai Sekkab lalu, hingga kemudian di dapuk oleh rakyat menjadi Wakil Bupati Mamuju Tengah, yakni kata Disiplin, Lalu sejauh apa interpertasi pelaksanaan kata ini saat ini ?

  • Disiplin ini adalah satu kata yang harus kita pertahankan, dan harus kita tingkatkan, kami tak memungkiri, sampai saat ini, masyarakat juga masih memberikan cibiran kepada kami, bahwa beberapa ASN di lingkup Pemkab Mamuju Tengah, belum sadar akan kedisiplinan sebagai aparatut negara, sebagai pelayan masyarakat, karenanya untuk hal ini, tentu kami terus berpesan kepada aparatur kami, untuk perlu di tingkatkan, tidak berarti bahwa tidak terlaksana, tapi perlu ditingkatkan. Karena hanya dengan kedisiplinan inilah, kami bisa meraih prestasi, seperti opini BPK yang sudah mengganjar Mamuju Tengah beberapa kali WTP, tentu ini bukti disiplinnya kami dalam pengelolaan anggaran, tapi kami tak jumawa dengan capaian ini, makanya setiap saat kami tetap pesankan ini ke aparatur kami, sebab ini tetap menjadi sorotan tajam dari masyarakat dan semua stakeholder.

+. Lalu apa harapan Anda terhadap Hari Jadi ke – 9 Mamuju Tengah ini ?

  • Harapan kami di periode kedua ini, kami dapat menyelesaikan RPJMD yang telah kami sepakati, karena setiap Wakil Bupati dan Bupati yang telah dilantik, rujukannya di situ, untuk membreakdown daripada Visi dan Misi kami, dan itu yang akan kami nilai mulai tahun kedua sampai tahun kelima nanti. (**)
Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here