Ketua DPRD Mamuju Tengah, Arsal Aras. (Dok Ist)
banner 728x90

 

Mateng, Katinting.com – Sebagai salah seorang tokoh muda yang punya andil dalam perjuangan pemekaran Mamuju Tengah, terlebih kemudian saat ini di dapuk oleh rakyat Mamuju Tengah, sebagai Ketua DPRD Mamuju Tengah, Arsal Aras, di temui di kediamannya, Senin (13/12) sore, memiliki pandangan di Hari Jadi Mamuju Tengah ke – 9 Tahun.

Ia menganggapnya, bahwa capaian keberhasilan yang di peroleh pemerintah kabupaten Mamuju Tengah, masih sesuai dengan harapan dan cita cita pemekaran daerah bergelar Bumi Lalla Tassisara ini.

Berikut petikan wawancara singkat Fhatur Anjasmara jurnalis www.katinting.com bersama Ketua DPRD Mamuju Tengah, Arsal Aras ;

+. Sebagai salah seorang tokoh muda kala itu, dalam jajaran Komite Aksi Perjuangan Pembentukan Mamuju Tengah, dan saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Mamuju Tengah, Apa yang ada ingin sampaikan, terkait Mamuju Tengah yang sudah memasuki Hari Jadi ke – 9 Tahun ?

  • Pertama, Cita cita kita melakukan pemekaran kala itu, adalah upaya pendekatan pelayanan pemerintahan, yang tidak lagi jauh. Karena bagaimana pemerintah itu dekat masyarakat, dan Alhamdulillah, layanan publik di Mamuju Tengah ini bisa kita sama sama rasakan saat ini, karena 9 tahun ini sudah jauh lebih bagus, terlebih kemudian kita sudah mendapatkan penilaian dari lembaga yang kompeten seperti Ombusmand bahwa pelayanan di Mamuju Tengah, sudah bagus. Saya kira cita cita perjuangan itu sudah kelihatan. Kedua, cita cita perjuangan, bagaimana pemekaran ini, mempercepat kesejahteraan masyarakat, roda ekonomi yang maksimal, dan selama ini bisa kita lihat dalam dua tahun ini, selama di hempas oleh Pandemi Covid-19, karena di sini mayoritas pendapatan masyarakat bersumber dari perkebunan dan pertanian, serta perikanan, maka itu tidak terasa, meskipun kemudian di tingkat pelaku UMKM kita agak melambat, tapi di tingkat petani dan pekebun kita tidak terlalu terasa. Ketiga, terlihat percepatan pembangunan yang menjadi harapan dari cita cita pemekaran itu sendiri, meski kemudian sebagian orang orang di Mamuju Tengah, masih belum merasakan dampak pembangunan dari pemekaran ini, tapi bagi orang orang yang lalu lalang di Bumi Lalla Tassisara, bisa memberikan ekspektasi luar bias, bahwa ada kemajuan pembangunan begitu cepat di Mamuju Tengah, walaupun kemudian, saat ini strategi pemerintah dalam pembangunan, masih seputar pembangunan infrastruktur dasar, karena ini akan menopang perekonomian kita, meski apa yang kemudian masyarakat inginkan masih banyak harapannya yang belum terpenuhi, tapi bukan berarti pemerintah tidak tahu, tapi mereka sudah tahu, hanya karena ketersediaan anggaran sehingga itu belum terjangkau.

+. Ada banyak memang yang menjadi catatan capaian Pemkab Mamuju Tengah saat ini, tentu ini tidak serta merta berdiri sendiri, di dapatkan oleh Pemkab, ada campur saran dan evaluasi lembaga legislatif di sana, Apa sih masukan dari Legislatif selama ini ?

  • Beberapa poin keberhasilan pemerintah, termasuk dengan diganjarnya Pemkab Mamuju Tengah, sebanyak enam kali opini WTP oleh BPK RI, terhadap pengelolaan anggaran di lingkup Pemkab Mamuju Tengah, tentu ini tidak terlepas dari, bagaimana kemudian kami di DPRD Mamuju Tengah, melakukan pengawasan pengelolaan anggaran di teman teman di Eksekutiv, terhadap jalannya APBD, di mulai dari proses pembahasan, jadi keterlibatan kami sebagai mitra dalam pembahasan, ini berkontribusi besar pada pemanfaatan anggaran itu, yang tepat sasaran dan sesuai dengan peraturan perundang undangan, sehingga WTP itu, adalah keberhasilan bersama antara eksekutiv dan legislatif.

+. Keberhasilan oleh Pemkab Mamuju Tengah hingga hari ini, yang kemudian di klaim sesuai dengan harapan pemekaran Mamuju Tengah, tentu adanya dukungan sumber daya manusia di eksekutiv itu sendiri, meskipun kemudian eksekutiv mengakui masih minim SDM, Anda bisa sampaikan apa upaya DPRD Mamuju Tengah, memberikan support pada eksekutiv untuk peningkatan SDM ini ?

  • Kita terus mendorong, karena kami percaya betul, bahwa bagi daerah yang maju tentu di sokong oleh SDM yang bagus, karenanya kami tak hentinya menyampaikan kepada eksekutiv, untuk peningkatan SDM sebab penting. Saya pun sudah mendapatkan informasi kalau kemudian Pemkab terus memberikan dukungan kepada aparaturnya yang mengupdate sumber dayanya, dengan tugas belajar maupun yang setaranya, melalui program S2 hingga S3. Kami percaya betul penguatan SDM itu tak bohong, sebab daerah yang bagus sumber dayanya, juga akan maju sesuai dengan harapan masyarakat, daerah yang juga memiliki SDM yang baik, juga akan mendorongan peningkatan ekonomi masyarakat. Bahkan ini kami support melalui anggaran, misalnya tenaga kesehatan dan tenaga perikanan.

+. Lalu bagaimana dengan pembinaan SDM generasi daerah ini, yang tentu yang menjadi pemegang tongkat stafet proses regenerasi di Mamuju Tengah ?

  • Iya, terhadap peningkatan SDM generasi kita, baik masih sekolah maupun sudah menjejal perguruan tinggi, tentu kami juga support, bahkan saya sudah sampaikan ke Pemkab agar kiranya memperhatikan anak anak putus sekolah yang karena tak kemampuan biaya, atau juga kepada anak anak kurang mampu tapi memiliki kemampuan berprestasi, ini semua dalam rangka memberikan dukungan peningkatan SDM kita secara menyeluruh di Mamuju Tengah.

+. Apa harapan Anda baik sebagai Ketua DPRD Mamuju Tengah maupun sebagai salah seorang eksponen pemekaran Kabupaten Mamuju Tengah ?

  • Harapan kami tentu kiranya, pemerintah bisa mewujudkan secara total dan sepenuhnya apa yang menjadi semangat dari cita cita pembentukan Mamuju Tengah, yang pasti saat ini penilaian kami, proses pembangunan di Mamuju Tengah, sudah kearah yang menjadi harapan dan cita cita pemekaran, artinya On the track. (**)
Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here