Foto bersama Panitia dan Yasier Arafat
banner 728x90

Katinting.com, Bontang – Sebanyak 160 peserta mengikuti Festival Layang-layang Segendis yang digelar oleh Calon Legislatif dari Partai Golkar Daerah Pemilihan Bontang 1, Yassier Arafat, di lapangan terbang layang Segendis, Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan, pada 6-7 Januari 2024.

Festival ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara masyarakat dan calon legislatif, serta mengembangkan minat dan bakat dalam bidang layang-layang.

“Kami ingin menunjukkan bahwa layang-layang bukan hanya sekadar mainan anak-anak, tetapi juga bisa menjadi sarana edukasi, seni, dan olahraga,” kata Yassier Arafat kepada wartawan di sela-sela acara, Minggu (7/1/2024).

Ia mengatakan, festival ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada para pengrajin dan pecinta layang-layang di Bontang, Kutim dan sekitarnya yang telah melestarikan budaya lokal ini.

“Kami berharap festival ini bisa menjadi agenda tahunan yang menarik perhatian masyarakat luas, khususnya generasi muda, untuk mengenal dan mencintai layang-layang,” ujarnya.

Ketua Panitia Festival Layang-layang Segendis sekaligus ketua Balolipa komunitas Layang-Layang , Ahmad Lulu, mengatakan, antusiasme peserta sangat tinggi, terbukti dari jumlah pendaftar yang melebihi target awal.

“Kami awalnya menargetkan 100 peserta, tetapi ternyata banyak yang berminat, sehingga kami akhirnya menerima 160 peserta,” katanya.

Ia menjelaskan, festival ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu layangan bebas, suara pitu-pitu dan tangkap semarang. Para peserta dinilai berdasarkan kriteria suara pitu-pitu dan tangkap semarang.

“Kami juga memberikan penghargaan khusus untuk layang-layang terbesar, terkecil, dan terbaik,” tambahnya.

Setelah melalui serangkaian perlombaan yang sengit, akhirnya terpilih lima juara, yakni Juara 1 Rustam dari Santan Ilir, Juara 2 Lukman dari Santan Tengah, Juara 3 Ucok dari Santan Tengah, Juara 4 Jefry dari Santan Ilir, Juara 5 Basri dari Santan Tengah.

Festival Layang-layang ini mendapat sambutan positif dari masyarakat, khususnya para pecinta layang-layang. Mereka berharap kegiatan ini bisa berlanjut dan menjadi tradisi di Bontang.

“Kami senang sekali bisa ikut festival ini, karena selain bisa bersenang-senang, kami juga bisa berbagi ilmu dan pengalaman dengan sesama penggemar layang-layang,” kata Rustam, salah satu peserta yang meraih juara 1.

“Kami juga berterima kasih kepada Pak Yassier Arafat yang telah mengadakan festival ini, semoga beliau bisa terpilih menjadi anggota legislatif dan membawa aspirasi kami,” tambahnya. (MF)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here