oleh

DPRD Pasangkayu Kunjungi Kemendag soal Harga TBS Anjlok

banner 728x90

Pasangkayu, Katinting.com – Menjawab persoalan harga TBS belakangan ini, sejumlah anggota DPRD Pasangkayu, Sulawesi Barat melakukan kunjungan kerja ke Dirjen Pemasaran Luar Negeri Kementerian Perdagangan di Jakarta, Jumat, 24 Juni 2022.

Diketahui harga TBS di wilayah kabupaten Pasangkayu anjlok hingga Rp1.200/Kg, padahal sebelumnuya menyentuh hingga lebih Rp2000. Sehingga membuat para petani semakin menjerit.

Pasalnya, selain harga TBS saban hari terjun bebas, harga kebutuhan pokok rumah tangga malah melambung tinggi di pasaran.

Alasan mendasar para wakil rakyat daerah itu berkonsultasi di pusat, sebab penetapan harga TBS tidak sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Itu menurut Andi Yusuf kepada media ini, Jumat, 24 Juni 2022. Bahkan, lanjut anggota dari partai Hanura DPRD Pasangkayu itu, bahwa berdasarkan hasil konsultasi, kementerian sudah membuka kembali keran ekspor CPO.

“Mereka (kementerian dan lembaga terkait) termasuk para perusahaan sawit sudah membahas soal ini. Keran ekspor sudah mulai dibuka secara perlahan meski belum merata secara nasional,” kata Andi Yusuf.

Pada pembahasan itu juga ditetapkan bahwa perusahaan sawit tidak diperkenankan membeli TBS di bawah harga 1.600/Kg.

“Ini akan menjadi angin segar. Mari kita kawal hal ini secara bersama dan awasi perusahaan serta pantau harga agar tidak di bawah dari harga 1600/Kg,” pinta dia.

Arham Bustaman

Bagikan

Komentar