Herman Yunus, anggota DPRD Pasangkayu
banner 728x90

Pasangkayu, Katinting.com – Herman Yunus lantang mengingatkan dewan pengupahan kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat agar berpihak pada pekerja atau buruh jelang penetapan.

Melalui pesan, Rabu, 22 November 2023, anggota DPRD Pasangkayu itu menilai, bahwa besaran upah yang ditetapkan harus mencerminkan kondisi ril pekerja saat ini.

“Salah satu kritikan utama yakni besaran upah yang akan ditetapkan melalui usulan dewan pengupahan kabupaten. Itu harus sebanding dengan kenaikan biaya hidup yang terjadi,” tegas mantan aktivis buruh itu.

Nominal UMK yang ditetapkan, lanjut Ketua DPC PPP Pasangkayu ini, mesti memenuhi standar upah layak. Pasalnya, tekanan inflasi dan biaya hidup yang semakin meningkat.

Dia juga mengkritisi proses konsultasi dan pengambilan keputusan yang dia anggap kurang melibatkan semua pihak terkait, termasuk perwakilan serikat pekerja dan organisasi buruh.

Dan, mendesak dewan pengupahan untuk lebih transparan pada penetapan upah minimum agar kebijakan yang dihasilkan dapat sesuai kebutuhan pekerja.

Berdasarkan informasi, kenaikan upah berkisar tiga hingga empat persen, tambah dia, itu tidak sebanding dengan kenaikan upah pensiunan dan ASN.

“Saya dengar informasi kenaikannya cuma tiga hingga empat persen. Ini akan menjadi pil pahit khususnya bagi kaum buruh di kabupaten Pasangkayu dan umumnya di Sulawesi Barat,” tambah dia.

Menurut pria yang karib disapa Bung HY ini, upah layak merupakan hak asasi yang fundamental dan menjadi denyut nadi bagi setiap pekerja atau buruh.

Herman Yunus (kanan) ketika rapat di ruang Aspirasi Gedung DPRD Pasangkayu

Kepada Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, dia meminta agar memperhatikan kondisi pada saat menetapkan UMP.

Sementara, UMP Sulawesi Barat tahun 2024 sudah ditetapkan oleh Pj Gubernur Sulawesi Barat, Prof. Zudan Arif Fakrulloh sebesar Rp2.914.958.

Keputusan ini tertuang dalam SK Gubernur Sulbar Nomor 688 Tahun 2023, tanggal 20 November 2023. Itu berlaku mulai 1 Januari hingga 31 Desember 2024.

Editor Arham Bustaman

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here