Unjukrasa di Mamasa.
banner 728x90

Mamasa, Katinting.com – Puluhan anggota Forum Mamasa Baik (FMB) menggelar aksi unjuk rasa pada Rabu (22/11/2023) di Mamasa, Sulawesi Barat. Massa yang berkumpul di lapangan Tribun Kondosapata, Kelurahan Mamasa, menuju Kantor Bupati Mamasa dengan melakukan longmarch.

Koordinator lapangan aksi, Yustianto Tallu lembang, bersama aktivis Tamrin dan Stenly Gideon, memimpin orasi di depan Kantor Bupati. Aksi ini menandai ketidakpuasan terhadap Penjabat (PJ) Bupati Mamasa, dituduh melanggar Undang-undang nomor 4 Tahun 2023 dengan mutasi 4 Aparatur Sipil Negara.

Tuntutan juga melibatkan pembayaran gaji tenaga honorer di tiga Organisasi Perangkat Daerah, terutama Dinas Pendidikan Kabupaten Mamasa yang belum terbayarkan selama sebelas bulan.

Yustianto Tallu lembang menyatakan, “Kami berharap gaji mereka segera terbayarkan untuk memastikan kualitas pengajaran yang baik.”

Selain itu, FMB menekankan netralitas PJ Bupati menjelang Pemilu 2024, sesuai surat edaran Kemendagri. PJ Bupati Mamasa, Yakub F Solon, yang dalam keadaan kurang sehat pada saat aksi berlangsung, tidak hadir di kantor. Namun, Sekretaris Daerah Kabupaten Mamasa, Muh. Syukur, bertemu dengan pengunjuk rasa untuk mendiskusikan tuntutan mereka.

“Segera kami proses pembayaran gaji tenaga honorer dengan mempertimbangkan keterbatasan anggaran daerah. Kami juga akan membahas tuntutan ini dalam sidang paripurna DPRD Mamasa sebelum 30 November,” ujar perwakilan anggota DPRD Mamasa, Arwin.

Dengan berakhirnya aksi di DPRD Kabupaten Mamasa, pengunjuk rasa membubarkan diri dengan tertib. Respons dari pemerintah setempat terhadap tuntutan FMB diharapkan akan memberikan solusi yang memuaskan. (Adi/Ed: Anhar)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here