banner 728x90

Pasangkayu, Katinting.com – Partisipasi masyarakat dalam setiap pemilihan umum memiliki peran sangat urgen. Keterlibatan pemilih atau warga secara aktif memberi legitimasi yang kuat sebab menjadi gambaran dukungan masyarakat di setiap tahapan pemilihan.

Demikian halnya program yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat yang menggelar kegiatan Forum Warga Berbasis Keluarga di Aula Kantor Desa Parabu Kecamatan Lariang Kabupaten Pasangkayu.

Puluhan warga dari berbagai elemen menghadiri forum warga ini, termasuk Kepala Desa Parabu, tokoh masyarakat dan perempuan, serta Panwascam Lariang.

“Kita berharap warga pemilih terus berpartisipasi aktif untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas,” ujar Heriansyah anggota KPU Kabupaten Pasangkayu di Desa Parabu Kecamatan Lariang. Rabu (09/11/2022).

Alat ukur kesuksesan pemilu dapat dilihat dari berapa tinggi partisipasi masyarakat di setiap wilayah. Termasuk bagaimana masyarakat ikut aktif mensosialisasikan Pemilu, mengawasi jalannya tahapan Pemilu, Memantau Hasil Pemilu, pro aktif mengecek data diri mereka sebagai calon pemilih, bahkan ikut berpartisipasi sebagai penyelenggara Pemilu juga merupakan bagian dari Partisipasi masyarakat. Ujar Heri.

Forum ini juga dihadiri narasumber dari Bawaslu Pasangkayu, yang diwakili Kordiv. hukum & Pencegahan Nurliana, S.Pd, M.Pd. Nurliana mengantar materi bertajuk “Modus Politik Uang & Pencegahannya”

Untuk menambah wawasan kepemiliuan warga pemilih, khususnya Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu, Forum ini juga menyelipkan pengenalan terhadap Aplikasi SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU & Badan AdHoc) yang akan digunakan oleh KPU dalam Proses pendaftaran Badan Penyelenggara AdHoc (PPK & PPS)serta “menjaring sejumlah pandangan atau pendapat warga mengenai peningkatan kualitas pemilih di Pasangkayu,” ujar Heri

Forum Warga Berbasis Keluarga ini sudah berlangsung sejak tanggal 8 hingga 16 November 2022 di 6 (Enam) kecamatan di kabupaten paling utara Sulbar ini diantaranya Desa Lilimori Kec. Bulutaba, Desa Parabu Kec. Lariang, Desa Buluparigi Kec. Baras, Desa Sarudu Kec. Sarudu, Desa Benggaulu Kec. Daourang dan Desa Taranggi Kec. Duripoku.

Hms KPU Pasangkayu

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here