Rapat paripurna DPRD Mamuju dalam rangka peringatan Hari Jadi Mamuju ke 483. (Dok. Zulkifli)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mamuju kembali menyuarakan terkait pembentukan Kota Madya Mamuju.

Hal itu disampaikan anggota DPRD Mamuju Marvie Parasan saat mengikuti rapat paripurna Hari Jadi Mamuju ke 483 di gedung DPRD Mamuju, Jumat (14/7/23).

Baca Juga : Soal Pembetukan Kota Madya Mamuju, Syamsuddin Hatta Titip Harapan ke Pemprov

Mervie menuturkan, bahwa sebenarnya sekarang ini sudah menyalahi aturan. Melanggar undang undang karena di dalam undang undang 26 tahun 2004 pasal 7 dijelaskan bahwa Ibu Kota Provinsi Sulbar berkedudukan di Mamuju namun sampai sekarang status kepala daerahnya masih Bupati.

“Saya melihat bahwa memang ini wacana pembentukan daerah otonom baru berlarut larut hingga 20 tahun lebih. Undang undang kita langgar, (Ibukota Sulbar) masih berstatus kabupaten,” kata Marvie Parasan dalam ruang rapat paripurna itu

Dia menuturkan. jika para pengambil kebijakan ini berpikir negarawan, seharusnya Kota Madya Mamuju bisa terbentuk dengan cepat. Karena katanya, ketika terbentuk daerah otonom baru berarti ada dua APBD didalamnya. Ada kabupaten Mamuju dan Kota Madya Mamuju.

“Dan konsep pelayanan ke masyarakat sudah pasti lebih baik. Artinya anggaran itu, dulu satu APBD sekarang menjadi dua. Yang diuntungkan masyarakat. Tinggal sampai sekarang ini ada apah sehingga tidak terbentuk juga,” sebutnya.

Marvie mengaku, pembetukan Kota Madya Mamuju salalu dibahas di DPRD Mamuju Hanya saja tahapan demi tahapan itu mulai dari Kabupaten, Provinsi bahkan pusat.
“Bahkan waktu saya di DPRD Povinsi 2014-2019 katanya sudah di komisi II DPR RI katanya sudah di meja Presiden dan sebagainya tapi sampai sekarang mana? tidak ada,” ungkapnya.

“Saya minta mari kita pikirkan bersama agar Mamuju ini diupayakan secepatnya untuk terbentuk nenjadi otonomi baru atau dirubah status nya (menjadi kota Madya),” tutup Marvie Parasan.

(Advertorial)

Bagikan
Deskripsi gambar...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here