Suasana IGD RSUD Pasangkayu
banner 728x90

Pasangkayu, Katinting.com – Anggota DPRD Pasangkayu, Nasruddin menyoroti pelayanan RSUD Pasangkayu. Alasannya, pelayanan di IGD rumah sakit tersebut terdapat pasien yang diduga reaktif Covid-19.

Kepada media, Selasa, 10 Agustus 2021, Nasruddin mengatakan hal itu dapat menyebabkan pasien umum dapat tertular. Padahal, sudah disediakan IGD darurat dan ruang khusus bagi pasien Covid-19.

“Berdasarkan standar operasional prosedur (SOP), semua pasien harus ditracing terlebih dahulu. Kalau reaktif, maka dia (pasien) masuk di IGD khusus yang sudah disiapkan,” kata Nasruddin.

Tapi anehnya lanjut Nasruddin, justru SOP tidak diindahkan oleh rumah sakit. Semestinya, untuk pelayanan satu pasien satu tenaga kesehatan (nakes), tapi itu dimaklumi. Karena, keterbatasan jumlah nakes.

Basri, salah satu keluarga pasien berasal dari Desa Kasano, Kecamatan Baras yang sementara ditangani di IGD juga mengkhawatirkan jika pasien Covid-19 akan menularkan virus kepada pasien lain.

“Pastilah kami khawatir. Jangan sampai tertular,” jawab Basri singkat saat diwawancara di halaman IGD RSUD Pasangkayu, Selasa, 10 Agustus 2021.

Salah seorang Nakes yang tidak disebutkan namanya yang sementara bertugas, mengaku tidak bersedia dikonfirmasi, karena dia bukan penanggungjawab.

Berdasarkan pantauan media, di RSUD Pasangkayu saat ini cukup ramai dari biasanya. Di IGD terdapat sejumlah pasien yang masih menunggu penanganan. Di gedung Melati yang disiapkan khusus pasien Covid-19, terdapat 13 pasien.

Sedang di landscape (pelataran) rumah sakit terdapat ruang tenda cukup besar namun pengerjaannya belum rampung.

Persoalan yang tak luput dari sorotan selama ini, yakni keberadaan alat PCR yang sudah lama terpajang tapi belum juga difungsikan. Kendalanya, yaitu izin operasi belum keluar.

Samhari, Kadis Kesehatan Pasangkayu saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 10 Agustus 2021, mengakui jika izin alat PCR belum keluar.

“Izin PCR belum keluar, masih sementara pengurusan. Kalau pun masa pandemi ini berakhir, alat itu tetap bisa digunakan, sebab multifungsi,” aku Samhari.

Arham Bustaman

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here