Gambar foto jembatan putus, yang menyatakan jembatan Mapilli di Polman putus. (dok CekFakta)
banner 728x90

Polman, Katinting.com – Mengejutkan dan meresahkan, di sejumlah group perpesanan WhatsUp yang dominan di anggotanya adalah warga Polewali Mandar, tetiba sejak Minggu (10/03) sore jelang petang beredar sebuah foto bergambar jembatan putus.

Caption pada foto jembatan putus tersebut, tidak seberapa kata yang membentuk kalimat, hanya saja kemudian, karena jembatan tersebut satu satunya penghubung jalur barat Sulawesi dari dan ke selatan utara Sulawesi Barat. “Kondisi Jembatan Mapilli Saat ini” demikian tulis penyebar foto sebagai caption dari foto.

Karena persebaran foto tersebut menimbulkan keresahan, sehingga tim CekFakta www.katinting.com segera melakukan penelusuran sumber foto, dan menggunakan google lens salah satu tols yang dapat digunakan menelusuri sumber gambar, maka tim CekFakta tidak sulit menemukan sumber gambar.

Hanya sekali klik, sejumlah laman media yang memberitakan sumber foto tersebut, dalam sebuah berita, mudah di dapatkan. Dari penelusuran sumber foto di google lens, diketahui bahwa benar jembatan putus dalam gambar yang beredar di Group WA orang Polman dan Sulbar, adalah jembatan putus.

Tapi faktanya, jembatan tersebut bukan jembatan Mapilli yang terletak di wilayah Kabupaten Polewali Mandar, dan penelusuran tambahan di sejumlah sumber terbuka, tim CekFakta tidak mendapatkan informasi relevan yang terbaru menyatakan jembatan Mapilli di Polman, Sulbar terputus.

Sebab jembatan putus tersebut bukan di pulau Sulawesi, tapi di pulau Sumatera, di mana jembatan yang tampak putus, adalah jembatan penghubung lintas Sumatera – Bengkulu, yakni Jembatan Simpang Sungai Liku Ranah Pesisir, yang terjadi akibat diterjang air sungai cukup deras, pada Kamis (07/03/2024)

Berikut link yang mengkonfirmasi bahwa jembatan yang putus tersebut adalah di Sumatera :
https://lintasrepublik.com/2024/03/08/jembatan-simpang-sungai-liku-ranah-pesisir-putus-karena-banjir-arus-lalu-lintas-sumbar-bengkulu-via-pessel-lumpuh/
https://padek.jawapos.com/pesisir-selatan/2364420260/jembatan-di-ruas-jalan-lintas-sumatera-di-simpang-sungai-liku-terban-painan-bengkulu-lumpuh
https://padang.tribunnews.com/2024/03/09/jembatan-labuhan-yang-putus-di-pesisir-selatan-sudah-bisa-dilewati-warga-bangun-jembatan-darurat

Kesimpulan

Dengan fakta hasil penelusuran tim CekFakta www.katinting.com di atas, maka dapat di simpulkan bahwa informasi melalui gambar bahwa Jembatan Mapilli di Polman Terputus, adalah Hoax.

Olehnya kepada masyarakat, diminta melakukan mencari kebenaran informasi, sebuah foto atau gambar, sebelum di share, sehingga tidak termasuk dalam ketegori penyebar Hoax. (CekFakta/Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here