oleh

Buka Bimtek Penangkar Benih, SDK Berharap Petani Mandiri Benih Padi

banner 728x90
Suhardi Duka saat sambutan pada acara Bintek petani penangkar benih padi di Papalang. (Anhar)

Papalang, Katinting.com – Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Barat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) petani penangkar benih padi di Papalang, Mamuju. Selasa (27/4).

Kegiatan ini dihadiri langsung Komisi IV DPR RI Suhardi Duka, Ketua DPRD Sulbar Hj. St. Suraidah Suhardi, Wakil Ketua DPRD Mamuju Syamsuddin Hatta, Kadis Pertanian Sulbar Samsul Ma’rif dan Kepala BPTP Sulbar Nurdiah Husnah.

BACA JUGA : Dukung Bimtek Penangkaran Benih, Suraidah Harap Petani Bisa Lebih Baik

Kepala BPTP Sulbar, Nurdiah Husnah berharap dengan adanya Bintek kedepan bisa mandiri benih, tidak lagi mendatangkan benih dari luar.

“Kami mengharapkan ke depan Mamuju mandiri benih bisa terwujud,” kata Nurdiah Husnah.

Kadis Pertanian Sulbar, Samsul Ma’arif dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada anggota DPR RI, Suhardi Duka atas perhatiannya terhadap pertanian.

“Saya tau persis Komisi IV oleh bapak Suhardi Duka banyak sekali bantuan untuk pertanian, dan saya jarang hadir karena mendesak urusan yang lain, tapi saya tau itu. Saya berharap bantuan itu bisa juga merata kedaerah lain seperti Mamasa dan Pasangkayu,” harapnya.

Lanjut Samsull, Sulbar baru saja terkena musibah, ada dua yakni Pandemi Covid dan bencana alam gempa bumi di Majene dan Mamuju. semoga dengan dukungan Komisi IV kita bisa bangkit.

Ditempat yang sama, Hj. St. Suraidah Suhardi menyampaikan harapannya agar para petani bisa serius mengikuti Bintek dan menerapkan ilmunya dengan baik.

“Manfaatkan bimtek ini dengan baik, gali informasi dari sumbernya. Sehingga kita berharap pendapatan pertanian kita meningkat dan petani bisa sejahtera,” tuturnya.

Sementara itu, Suhardi Duka menyampaikan bahwa dirinya memiliki tanggung jawab besar dibidangnya komisi IV DPR RI untuk membantu pertanian, khususnya di Sulbar.

Namun itu, ia menyampaikan keprihatinannya dengan kondisi pertanian di Sulbar. “Petani kita di Sulbar, khususnya Mamuju beberapa tahun terakhir itu seperti auto pilot, ada tidak pemerintah sama saja”.

Lanjut SDK sapaan akrab Suhardi Duka mengatakan, Kita masih banyak masalah, terkait SDM kita masih kurang pemahanan terkait pertanian. Sehingga kita harus tingkatkan produktifitas pertanian kita sehingga kesejahteraannya bisa meningkat.

Ia juga memaparkan, sejumlah bantuan telah tersalur seperti 300 unit lebih alat pertanian, jalan tani, pengairan teknis, embun dan bibit. “Tapi kalau tidak dikerjakan dengan bagus ya tidak bisa, harus dimanfaatkan dengan baik,” sebutnya.

Olehnya itu saya minta dengan Ibu Diah (Kepala BPTP Sulbar) untuk ada percontohan pembenihan bibit, dan itu ada di Polman dan Mamuju, tutur SDK.

Saya minta yang lokasinya jadi demplot dikelolah dengan baik, kita berharap dengan bintek ini bisa mandiri menghasilkan benih dan tidak mendatangkan lagi dari luar. Imbuhnya sekaligus membuka acara Bintek.

Diketahui Bimtek petani penangkar benih akan terlaksana di tiga kecamatan di Mamuju yakni Papalang, Kalukku dan Sampaga.

(Anhar)

Bagikan

Komentar