banner 728x90

Budaya Siri’ Untuk Mamuju Mapaccing

1125 views
banner 728x90
Gerakan Mamuju Mapaccing sedang Membersihkan Parit

Gerakan Mamuju Mapaccing sedang Membersihkan Parit

 

Katinting.com, Mamuju – Untuk menjadikan Mamuju menjadi kota yang bersih, dipandang tidak cukup hanya dengan inovasi pemerintah daerah seperti Gerakan Mamuju Mapaccing yang saat ini tengah digalakkan, Penjabat sekretaris daerah Kabupaten Mamuju M. Daud Yahya mengatakan, perlu adanya budaya Siri’ yang timbul dari masyarakat sendiri, budaya siri’ ini dijelaskan Daud Yahya sebagai budaya malu untuk membuang sampah sembarangan atau budaya malu jika lingkungan dan rumah masing-masing terlihat kotor

“Saya yakin bahwa masyarakat Mamuju ini adalah masyarakat yang berbudaya, santun dan taat akan agama yang sudah mengajarkan kita bahwa kebersihan itu adalah sebagaian dari iman,” haturnya. Jumat, (04/03).

Lanjut, olehnya itu sebagai langkah awal untuk merangsang budaya malu tersebut Pemerintah harus turun langsung untuk memperlihatkan kerja maksimanya untuk  meningkatkan kesadaran masyarakat karena sebetulnya bagaimana pun upaya yang di lakukan oleh Pemerintah terkait kebersihan ini, sejalan dengan progam Mamuju Mapaccing dan di gagas oleh Bupati dan Wakil Bupati Mamuju,  mengharapkan peran Masyarakat itulah yang terpenting, tambahnya.

Ketua tim perumus Gerakan Mamuju Mapaccing sekaligus menjabat sebagai Asisten I Pemkab Mamuju Muhammad Syahrir menyampaikan bahwa program 100 hari Gerakan Mamuju Mapaccing ini bersifat penyadaran, sasaran utamanya itu adalah masyarakat, dibantu oleh pemerintah yang akan bergerak lebih awal untuk memperlihatkan kepada masyarakat bahwa inilah  bukti yang Pemerintah berikan untuk daerah,  tetapi itu perlu kerja sama dan Kesadaran bersama antara Pemerintah dan Masyarakat.

“Tantangan kita adalah menyadarkan Masyarakat akan kebersihan dan ini akan berlanjut lagi untuk 100 hari kedepan oleh Lurah dan Camat untuk tak hentinya menghimbau kepada masyarakatnya jika itu tidak dilaksanakan adakan ada sangsi tegas yang akan di berikan oleh Pemerintah,” pungkasnya.

Kegaiatan ini juga masih melibatkan seluruh SKPD, dan Seluruh Staff Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju dan di dukung oleh Instansi Pemerintah, TNI, Polri, Badan Sosial, dan lembaga lainya. (Lisa Sari Dewi Hasanuddin)

 

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.