Salah Seorang warga Mamuju saat menjalani Suntik Vaksin covid 19.
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Vaksinasi massal yang digelar beberapa beberapa bulan terakhir cukup maksimal. Selain itu kerjasama antara TNI, Polisi dan lembaga lainya, juga sangat membantu dalam mencapai target diatas 70 persen.

Berdasarkan data Vaksinasi Sulbar pertanggal 20 November 2021:

-Sasaran SDM Kesehatan. Sasaran 9.445 orang, Dosis I tercapai 10,698 orang atau 113,27 persen. Dosis kedua 9.721 orang atau 102,92 pesren. Dosis 3 (Bososter) Tercapai 5.063 orang atau 53,61 persen.

-Pelayan Pablik. Sasaran 111.643 orang, Vaksinasi dosis 1 tercapai 130.147 atau 116,57 persen. vaksinasi Dosis 2 Tercapai 75.686 orang atau 67,79 pesren.

-Lansia. Sasaran 89.146 orang. Vaksinasi dosis 1 tercapai 21.024 orang atau 23,58 persen. Vaksinasi dosis 2 tercapai 10.087 orang atau 11,32 persen.

-Masyarakat umum target sasaran sebanyak 715.281 orang. vaksinasi dosis 1 tercapai 260.812 orang atau 36,46 persen. Vaksinasi dosis 2 tercapai 136.051 orang atau 19,02 persen.

-Remaja target sasaran 163.725 orang. Vaksinasi dosis 1 tercapai 74.737 orang atau 45,65 persen. Vaksinasi dosis 2 tercapai 40.813 orang atau 24,93 persen.

Berdaarkan data diatas total sasaran 1.089.240 orang warga Sulbar
Capaian dosis 1 sebanyak 497.418 orang atau 45,67 persen.
Capaian dosis 2 sebanyak 272.358 orang atau 25.00 pesren.

sementara itu dosis yang diterima warga berdasarkan jenis vaksinya sebanyak 1.166.050 Dosis.
Sinovac : 695.300 dosis
Astra Zeneca : 223.590 dosis
Moderna : 84.840 dosisi
Pfizer: 112.320 dosis
Sinopham: 50.000 dosis

Hasil yangh di dapat diatas merupakan kerja keras semua pihak, sejumlah istansi terus bergerak di pelosok mulai dari pihak TNI POLRI sampai masyarakat umum.

Bahkan Mabes Polri mengirimkan sejumlah anggotanya di Kabupaten Mamuju untuk membantu proses vaksinasi

ada 15 orang tim vaksinator dari Mabes Polri, untuk membantu percepatan vaksinasi di Mamuju ini sangat bantuan dari Mabes Polri sangat membantu percepatan vaksinasi di Mamuju.

Sementara di Kabupaten Polman sejumla upaya dilakukan pihak kepolisian untuk menarik minat warga untuk ikut vaksinasi.

salah satu yang dilakukan adalah memberikan undian berhadia 1 unit sepeda motor bagi warga yang beruntung jika menalani vaksin di grai vaksinasi polres Polman.

Kasubsi Penmas IPDA Rahman yang menjelaskan Polres Polman akan terus membuka pelayanan Vaksinasi Covid-19.

“Bahkan di hari libur kami dari Polres Polman memberikan pelayanan yang berlangsung di Klinik Bhayangkara Polres Polman, yang mana kegiatan ini kami lakukan mengingat banyaknya masyarakat yang sibuk dengan pekerjaan nya,untuk itu hari libur kami tetap membuka pelayanan untuk memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan Vaksinasi Covid-19,” IPDA Rahman

Lanjut di katakan Polres Polman telah menyiapkan Doorprize hadiah bagi masyarakat yang melaksanakan Vaksinasi dengan hadiah utama yakni 2 Unit Sepeda Motor yang akan di undih pada tanggal 31 Desember 2021 mendatang.

“Ayo Vaksin Karena Vaksin itu akan memberikan kekebalan kepada tubuh kita agar tidak mudah terkena dampak dari penyebaran Virus Covid-19,Ayo Vaksin Karena Vaksin itu Aman dan Halal,” tutup Kasubsi Penmas Si Humas Polres Polman IPDA Rahman.

Bukan hanya pihak kepolisian yang terus bergerak, Pihak TNI juga terus bergerak, misalnya TNI angkatan Laut, saat ini sudah menyasar sejumlah daerah daerah pesisir pantai Mamuju yang mayoritas warga ditempat tersebut nelayan.

Dalam waktu dekat pihak TNI AL akan medatangi sejumlah pulau pulau terluar di Sulawesi barat untuk memberikan pelayanan vaksin kepada warga.

Komandan Lanal Mamuju, Letkol Marinir Anthonius Temmy Irawan mengatakan, pihaknya bakal membantu pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi dengan menyasar sejumlah kepulauan yang belum tersentuh vaksin.

Ia mengaku, telah memprogramkan kegiatan vaksinasi dalam waktu dekat. Jika kondisi cuaca sudah membaik anggotanya langsung bergerak ke melakukan jemput bola.

Sementara itu TNI Angatakan darat juga bergerak secara bersama sama pemerintah daerah, mereka memasuki sejumlah pusat pusat kecamatan di kabupaten Mamuju untuk memberikan pelayanan Vaksin.

Miasalnya beberapa waktu lalu Tim Vaksinator Kodim 1418/Mamuju kembali melaksanakan serbuan vaksinasi bagi warga Desa Kabuloang, kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Tim Vaksinator melaksanakan Vaksinasi bagi masyarakat yang di dusun Kabuloang Pantai, dengan target tidak ada batasan untuk masyarakat yang ingin mendapatkan Vaksinasi.

Dikonfirmasi, Dandim 1418/Mamuju, Kolonel Inf Tri Aji Sartono menjelaskan bahwa, pelaksanaan serbuan Vaksin bagi masyarakat yang ada di Desa Kabuloang Kecamatan Kalukku sebagai upaya dalam mengurangi penyebaran Covid 19 kepada masyarakat.

Lebih lanjut, Dandim 1418/Mamuju berharap kepada masyarakat Kabupaten Mamuju yang belum melakukan Vaksin untuk segera mendatangi tempat-tempat pelayanan Vaksinasi yang telah disiapkan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

” Di desa Kabuloang sudah Kesekian kalinya kita laksanakan serbuan Vaksin, dikarenakan permintaan dari Pemerintah Desa serta beberapa tokoh masyarakat bahwa masyakatnya masih membutuhkan Vaksin. Hari ini kita melayani masyarakat yang melaksanakan Vaksin dosis satu dan dosis dua,” Tambah Dandim 1418/Mamuju.

Disilan Badan Intelijen Negara (BIN) daerah Sulbar turut serta menggencarkan vaksinasi sebagai upaya mempercepat capaian demi pemenuhan herd immunity yang biasanya mereka bergerak secara diam diam dan tidak diketahui banyak orang.

Kali ini BIN bergerak dencara melakukan metode jemput bola atau door to door ke kampung-kampung di Sulbar ikut terlibat dalam suksekan vaksinasi

Kabinda Sulbar, Sudadi, vaksinasi tak hanya terpusat di satu tempat yang diharap mempermudah warga, khususnya kategori lanjut usia (lansia) maupun pra lansia.

Pihaknya berharap bisa meningkatkan capaian vaksinasi di Sulbar. “Vaksinasi door to door kami lakukan serentak di enam kabupaten untuk menggenjot capaian vaksinasi hingga 70 persen pada akhir tahun,” katanya,

Di Kabupaten Majene vaksinasi juga terus digerakkan Polres Majene, Hal tersebut mendapat apresiasi yang tinggi oleh Ketua DPRD Majene Salmawati Djamado

Salmawati Djamado mengatakan bahwa vaksinasi kali ini merupakan vaksinasi pertama untuk dirinya, dikarenakan sebelumnya tidak dapat melakukan vaksinasi yang disebabkan karena adanya riwayat penyakit yang diderita.

“Saya tidak menyangka ternyata lebih mudah mendapat vaksin di Gerai Presisi Polres Majene. prosesnya mudah hanya membawa KTP dan pelayanannya pun ramah,” Salmawati Djamado Kamis (18/11/2021)

Saya mengharapkan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Majene tidak usah ada kekhawatiran atau ketakutan, karena vaksin ini sudah teruji dan vaksin ini sangat aman. Ujar Salmawati

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Majene juga mengatakan Gerai Vaksin Presisi melayani vaksinasi Covid-19 gratis bagi warga masyarakat Kabupaten Majene maupun diluar wilayah Kabupaten Majene sebagai wujud percepatan vaksinasi.

Di Gerai Vaksin Presisi ini tersedia berbagai jenis vaksin seperti Moderna, Sinovac, Pfizer dan AstraZeneca, Masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan vaksin bisa langsung datang ke gerai kami, syaratnya sangat mudah cukup dengan membawa KTP. Terang Kapolres.

Di Kabupaten Mamuju , Bupati Mamuju, Siti Sutina Suhardi mengucapkan terimakasih kepada ratusan tenaga kesehatan (Nakes) dan semua pihak lantaran semangat mereka tidak perna kendor dalam menyukseskan program vaksinasi covid 19.

Bupati, Sitti Sutinah Suhardi, memberikan apresiasi tinggi pada semua nakes yang telah berjuang di garda terdepan dalam menyukseskan program vaksinasi covid-19.

“Nakes bersama TNI/Polri telah bekerja siang dan malam, dari hari senin sampai seninnya lagi, agar kita semua dapat menerima vaksinasi, itu tentu harus kita beri apresiasi, dan saya menyampaikan terimakasih atas dedikasi semua tenaga kesehatan kita yang luar biasa, ungkap Sutinah.

Sutina mengatakn atas kerja keras dan sinergitas yang telah dilakukan dalam mendorong suksesnya program vaksinasi di mamuju telah mulai membuahkan hasil, faktanya dari yang semula mamuju tercatat sebagai daerah dengan capaian vaksinasi terendah di sulawesi barat, sekarang telah menjadi yang tertinggi dengan persentase capaian 54 persen.

“Meski belum mencapai target 70 persen, namun atas capaian tersebut tentu telah memperlihatkan kerja keras dari semua stakeholders terkait, utamanya para Nakes yang terbilang telah sangat gigih berjuang,” tuturnya.

Wakil Gubernur Sulbar Enny Angraeni Anwar, mengatakan bahwa Sulbar saat ini menuju zero postif covid 19 hal tersebut tidak lepas dari keterlibatan semua pihak mulai dari Pemerintah Kabupaten, Provinsi, TNI/Polri.

“Sudah beberapa hari ini angka postif covid 19 sangat redah bahkan ada beberapa kabupaten sudah zero (kosong) data warganya postif covid, ini karena peranan aktif semua pihak menginkan Sulbar bisa bebas covid,” kata Wakil Gubernur Sulbar Enny Angraeni Anwar, dalam sembuah kesempatan di Mamuju, Sabtu (20/11/2021).

Ia berhap kerja sama yang sangat luar biasa ini bisa terus terjalin hingga Indonesia benar benar bebas covid 19, perekonomian bisa kembali normal.

“Kita tidak bergerak sendiri, semuanya bergerak dari TNI / POLRI dan masyarakat yang semuanya mengiginkan sulbar tidak ada lagi covid 19, ini merupakan kerja sama yang baik, saya ucapkan banyak terimakasi kepada semuanya,” ucap Enny Angraeni Anwar.

Enny Angraeni Anwar berharap warga tidak terlena akan stuasi saat ini lantaran covid 19 masih ada.

“Mari semua warga untuk ikut program vaksin, saat ini sudah sangat mudah menemukan tempat vaksin, jangan lupa protokol kesehatan tetap di jalan ya, gunakan masker dan jaga jarak,” tutup Enny Angraeni Anwar.

(Syarifuddin)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here