Suasana Rakor Bappeda Matra untuk Permantap RKPD 2018
banner 728x90

Matra, Katinting.com – Dalam rangka pemantapan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2018. Kepala Bappeda Matra, Firman (Selasa 14/03) menggelar rapat koordinasi perbidang pembangunan untuk penajaman hasil RAKORTEK masing – masing OPD.

Selain itu juga melakukan rapat koordinasi dengan Asisten Setda, Staf Ahli Bupati dan Staf Khusus Bupati. Pada kesempatan ini, Firman mengatakan, tema Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2018 adalah memacu pembangunan infrastruktur menuju daya saing perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan.

“Pendekatan Penyusunan RKPD 2018 dilakukan dengan perkuatan pelaksanaan kebijakan money follow program Nawa Jiwa serta penguatan dan pelaksanaan pendekatan Holistik-Tematik, Integratif dan Spasial (HITS) dengan memperhatikan, pengendalian perencanaan, perkuatan perencanaan dan penganggaran untuk RKP 2018, perkuatan perencanaan berbasis kewilayahan, perkuatan integrasi sumber pendanaan. Jelasnya.

Sementara Sekretaris Bappeda Arhamuddin mengatakan, rapat yang diikuti oleh seluruh SKPD, berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang, Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

“Rapat perbidang pembangunan untuk penajaman hasil Rakortek di SKPD masing-masing dalam rangka penyempurnaan rancangan RKPD tahun 2018 diikuti oleh semua SKPD Se-Kabupaten Mamuju Utara, selama 3 hari dan dibagi persektor yakni bidang ekonomi, bidang Sosbud, bidang Litbang dan bidang Fispra,” ujarnya.

Ditempat terpisah Staf Khusus Bupati Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Desa Ir. Muliadi Saleh mengatakan, pendampingan tersebut dimaksudkan agar bisa membimbing SKPD untuk memperkuat dan menajamkan program-program yang ada, guna mensingkronkan visi misi Bupati dan 20 program prioritas daerah Kabupaten Mamuju Utara.

“Tujuannya adalah agar seluruh SKPD dapat menyusun program kegiatannya secara detail dan mengacu pada program Nawa Jiwa Bupati Mamuju Utara serta merubah paradigma perencanaan yang tadinya money follow function berubah menjadi money follow program, dan tidak ada lagi SKPD yang tidak mengacu pada visi misi program prioritas Bupati Mamuju Utara,” pungkasnya. (Joni)

Bagikan
Deskripsi gambar...