banner 728x90

Adkasi Dorong Penguatan Otonomi Daerah di Rakernas

900 views
banner 728x90
Ketua Adkasi saat bincang bersama Mendagri

Ketua Adkasi saat bincang bersama Mendagri

Pasangkayu, Katinting.com – Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (Adkasi) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta yang bakal di di hadiri Presiden RI Joko Widodo.

Ketua Umum Adkasi Lukman Said mengatakan bahwa pelaksanaan Rakernas tersebut untuk merumuskan program kerja nasional Adkasi selama lima tahun kedepan, dan salah satu program prioritas adalah upaya memperkuat kewenangan daerah sebagai suatu wilayah yang otonom.

“Saya akan suarakan itu dalam pidato saya nanti didepan presiden, sebab ini menurut saya sangat penting. Bagaimana tidak, katanya sudah otonomi daerah tapi daerah tidak bisa berbuat banyak jika menyangkut perusahaan besar, semuanya disedot ke pusat,” tegas ketua DPRD Matra ini, Selasa (03/08).

Ia mencontohkan, Matra adalah salah satu penghasil minyak CPO yang cukup besar, namun Matra tidak memiliki kewenangan untuk menarik pajak dari penjualan CPO tersebut, padahal lahan yang dieksploitasi berada pada wilayah administrasi Matra, belum lagi adanya biaya yang dikeluarkan daerah untuk  menanggulangi dampak negatif atas kehadiran perusahaan tersebut.

“Coba bayangkan, jalan-jalan desa itu daerah yang kita biayai tapi hancur seketika karena dilalui oleh mobil-mobil perusahaan yang bermuatan berat, belum lagi dampak sosialnya seperti konflik-konflik lahannya. Nah, sementara hasil dari keuntungan perusahaan itu tidak bisa dinikmati daerah karena semuanya lari kepusat,” keluhnya.

Kata dia, sumbangan perusahaan sebesar Rp. 5 yang selama ini didapat daerah, adalah hal yang tidak mengikat karena memang tidak ada regulasi yang mengatur hal tersebut, sehingga sewaktu-waktu perusahaan bisa saja menghilangkan sumbangan tersebut.

“Apa gunanya ada otonomi daerah kalau toh kemudian tidak bisa berbuat apa-apa terhadap perusahaan besar yang ada didaerahnya. Padahal kalau pajak mereka itu bisa masuk ke kas daerah luara biasa pembangunan yang bisa dilakukan,” tambahnya. (Joni)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.