banner 728x90

10 Lembaga Penyiaran di Sulbar Kantongi IPP

Tidak ada komentar 142 views
banner 728x90

Masram, Komisioner KPID Sulbar. (Ist)

Mamuju, Katinting.com – Kepengurusan baru KPID Sulawesi Barat telah memfasilitasi terbitnya 10 Izin Penyelenggara Penyiaran, baik Lembaga Penyiaran Berlangganan maupun Lembaga Penyiaran Publik Lokal.

Komisioner KPID Sulbar, Masram diruang kerjanya, mengatakan, KPID masa bakti 2019-2022 ini,  memang fokus pada penataan LP agar memiliki legalitas sebagai badan usaha.

“Ini program utama di tahun pertama masa tugas, karena hampir semua LP tak memiliki IPP. Disamping melakukan pendampingan penerbitan IPP,  KPID juga membangun kerjasama dengan Stakeholder Penyiaran. Misalnya MoU dengan Kemenag Sulbar, KPU dan Bawaslu Provinsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene dan Kerjasama pengawasan iklan obat dengan BPOM Mamuju,” jelas Masram. Kamis (15/8).

Sambung Masram, untuk menata dunia penyiaran, maka langkah awal yang dilakukan adalah mengetahui seberapa banyak pelaku usaha dalam bidang ini, berapa yang memiliki legalitas. Dan langkah ini yang diambil KPID Sulbar, jelasnya.

Pada Tahun kedua nantinya, sebagaimana arahan Sekprov Sulbar, KPID akan melakukan proses penyusunan draf Perda penyiaran untuk diteruskan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat guna dibahas bersama sebelum digodok di DPRD Provinsi.

“Ini sebuah langkah maju untuk perkembangan dunia penyiaran kita,” jelas mantan Anggota DPRD Kabupaten Mamuju ini.

Selain itu, pada tahun kedua nanti, arah kebijakan  KPID Sulbar dengan sasaran utama peningkatan SDM staf KPID dan para pelaku usaha Penyiaran terkait bagaimana menata prilaku penyiaran yang sesuai dengan standar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (SP3SPS).

“Jadi sasaran kerja kami dilakukan 3 tahapan antara lain, menata IPP, Membangun kerjasama dengan stakeholder, mengagas lahirnya Perda Penyiaran, peningkatan SDM Staf Penyiaran dan pelaku usaha, Menata LP agar dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan daerah,” pungkas Masram.

Berdasarkan data, ada sepuluh  LP yang telah dilakukan pendampingan pengurusan izin oleh KPID Sulbar, antara lain:

  1. PT. Suara Bambamanurung Multi Media, (IPP Tetap),
  2. PT. Radio Banua Media Swara Mamuju Utara, (IPP Tetap),
  3. PT. Mandar Visual Mandiri, (IPP Prinsip),
  4. PT. Mandar Media Televisi,(IPP Tetap), 5),
  5. Salogang Optik Vison,(IPP Prinsip),
  6. PT. Radio Mario Citra Mandiri, (IPP Tetap),
  7. Pasangkayu Matra Televisi,(IPP Prinsip),
  8. Sipatuo Vision Mamasa, (IPP Prinsip),
  9. Media Polewali Vision,(IPP Prinsip), dan
  10. PT. Mateng Televisi, (IPP Prinsip).

(ADV. KPID Sulbar)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan

Pencarian Terkait

banner 728x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "10 Lembaga Penyiaran di Sulbar Kantongi IPP"