banner 728x90

TK Pembina Mamuju Selalu Menjadi Rujukan  

Tidak ada komentar 182 views

Proses belajar di TK Pembina. (Dok.Ist)

Mamuju, Katinting.com – TK Pembina Mamuju, satu-satunya TK yang berstatus Negeri dari 24 TK yang ada di Kecamatan Mamuju dan telah menjadi  percontohan di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar),

TK Pembina juga telah mengantongi sertifikat sebagai sekolah percontohan Implementasi Kurikulum Muatan Kemaritiman pada tahun 2018 kemarin yang ditandatangani oleh Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Kemaritiman, Dr. Safri Burhanuddin, DEA.



Berdiri sejak tahun 2007 dan memulai aktifitas tahun 2008, TK Pembina Mamuju selalu dijadikan tempat kegiatan-kegiatan pemerintahan yang berfokus pada Pendidikan Anak Usia Dini serta tempat studi bunding bagi lembaga-lembaga yang PAUD lainnya di Kabupaten Mamuju.

Tahun ajaran 2019/2020 ini TK Pembina Mamuju memiliki siswa sebanyak 106 orang, dengan tenaga pendidik sebanyak delapan orang berstatus ASN, 2 orang Honor Daerah dan 3 orang Sukarela serta memiliki tujuh ruang kelas yang disebut berbagai macam sentra.

Proses belajar siswa di TK Pembina. (Dok.Ist)

Selain itu, pada setiap penerimaan siswa baru, pihak sekolah tak memberatkan biaya kepada siswa yang orangtuanya kurang mampu tapi harus dibuktikan dengan surat keterangn dari pemerintah setempat.

Salah seorang guru TK Pembina Hj. Fitriani menuturkan, metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru-guru TK Pembina adalah pembelejaran tematik. Dimana pada metode ini, mengembang enam aspek yaitu, agama dan moral, fisik motorik kasar dan halus, kognitif, bahasa, sosial emosional dan seni.

“Bukan diajar calistung karena pembelajaran di TK itu kita bermain. Mengajar melalui bermain,” katanya saat ditemui di TK Pembini, Rabu 4 Desember 2019.

Bersama dengan guru-guru lainnya, kata dia, mereka melakukan kerjasama yang baik dalam menstimulasi anak-anak usia dini. Mereka tidak melihat salah atau benarnya para anak didik dalam setiap proses pengajaran.

“Karena yang di stimulasi disini bagaimana sehingga mencapai ini kompetensi-kompetensi dasar yang ada di enam aspek perkembangan,” ungkapnya.

Settingan-nya disini, anak-anak sendiri memilih karena kompetensi dasarnya itu tujuannya itu adalah bagaimana anak-anak bisa mengungkapkan bahasanya dengan indikatornya itu alat ukurnya disitu, anak-anak bisa memilih, bisa mengungkapkan idenya,”  tambahnya.

Fitriani yang sudah menjadi tenaga pendidik di TK Pembina sejak tahun 2011 itu berharap para anak didiknya dapat menjadi, siswa yang berprestasi, menjadi penerus yang bermanfaat dan membanggakan, serta menjadi kebanggan orang tua.

“Kita pendidik anak usia dini harus dengan hati ikhlas karena kalau bukan dengan hati tidak akan berhasil karenapembentukan karakter yang utama disini,” tutup Fitriani.

Foto bersama sejumlah guru TK Pembina. (Dok Zulkifli)

Penulis : Zulkifli

Edit : Anhar

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "TK Pembina Mamuju Selalu Menjadi Rujukan  "