banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, mencatat gempabumi tektonik mengguncang Kabupaten Mamuju, pada Rabu (6/2) siang.

Dari analisa BMKG, Gempabumi berkekuatan 4,9 Magnitudo yang terjadi pada pukul 12:23:40 Wita, terletak pada koordinat 2.96 LS dan 118.52 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 36 Km Barat Daya, Kecamatan Tapalang Barat, Kabupaten Mamuju, di kedalaman 8 km.

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas patahan naik Selat Makassar yang berdekatan dengan pusat epicenter.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan Dirasakan di Mamuju IV MMI, Majene, Wonomulyo, Polewali, Kalukku dan Campalagian III MMI.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” kata Plt. Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Joharman, SH, MM dalam rilisnya.

Mereka juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dengan memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,” demikian Plt. Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar.

 

Zulkifli

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here