Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin,saat berada ditengah tengah perkebunan pisang Cavendish. (dok Int)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Sama yang dilakukan di Sulawesi Selatan saat jadi Penjabat Gubernur, Bahtiar Baharuddin, bakal kembangkan pisang di Sulawesi Barat.

Ini dimulai dengan mengajak sejumlah Kepala OPD di Pemprov Sulawesi Barat, bertandang ke Kawasan perkebunan pohon pisang jenis Celavendish, di Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Sulsel, Sabtu (25/05).

Di Kawasan perkebunan pisang Celavendish yang luasnya tidak kurang dari 200 hektar, Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, yang didampingi oleh Sekprov Sulbar Muhammad Idris, menuturkan bahwa produk pisang Celavendish, merupakan jenis pisang yang punga pasar kelas ekspor.

Untuk itu ia mengajak aparat pemerintah Sulbar untuk melihat Kawasan perkebunan pisang Celavendish, sebab memiliki potensi di kembangkan di Sulawesi Barat, terlebih kemudian Sulbar salah satu daerah penghasil pisang di Indonesia.

“Lidah orang Indonesia itu, lekat dengan rasa makanan pertama pisang, kedua Pepaya, ketiga Jeruk Manis, keempat Mangga, sementara untuk memenuhi kebutuhan pisang bagi konsumsi dalam negeri sendiri dari Sabang hingga Merauke, saat ini masih 35 persen, dan ada 65 negara warganya konsumen pisang Celavendish” ungkap Bahtiar.

Sebab itu, untuk memuluskan misinya mengembangkan pisang Celavendish di Sulbar, Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, bahkan membawa langsung hingga ke lokasi pembibitan tanaman pisang Celavendish, yang juga dirintisnya sejak April 2024.

“Ini saya rintis sejak April lalu, dan rencananya Juli 2024 ini nanti sudah bisa panen raya perdana” beber Bahtiar.

Ia pun menyampaikan bahwa saat ini pemasaran tidak sulit, karena untuk pemasaran produk pisang di Sulsel, saat dirinya masih jadi Pj Gubernur Sulsel beberapa Waktu lalu, sudah menjalin Kerjasama perusahaan eksportir pisang.

“Jadi sudah teken MoU saat itu dengan dengan perusahaan Raja Buah Great Giant Foods (GGF) pada Marer 2024. Sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama PT Yas Exports International (YEI) juga telah melakukan penandatanganan kerja sama MoU tentang pembelian hasil budidaya pisang Cavendish, dan ini bisa juga dilakukan oleh Pemprov Sulbar nantinya” pungkas Bahtiar. (**/Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here