Wagub Sulbar saat memberikan sambutan pada wisuda STIKES Fatimah Mamuju. (Foto Zulkifli)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Fatimah Mamuju, kembali mencetak 229 Calon Tenaga Kesehatan, dalam prosesi wisuda yang berlangsung di Maleo Hotel Mamuju. Kamis (13/12).

Dari 229 Calon Tenaga Kesehatan baru ini, terdiri dari Strata Satu (S1) Keperawatan, DIII Kebidanan, DIII Keperawatan dan Profesi Ners Angkatan III.

Dengan rincian, DIII Keperawatan sebanyak 44 orang, DIII Kebidanan sebanyak 50 orang, Starata Satu (S1) Keperawatan sebanyak 86 orang, dan Profesi Ners sebanyak 49 orang.

Wisuda tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar dan Wakil Bupati Mamuju, Irwan Satya Pababari.

Enny Anggraeni dalam sambutannya mengatakan, dilaksanakannya acara Wisuda pada hari ini, yang mana merupakan puncak dan proses akhir dari suatu siklus pendidikan.

Ia menghimbau kepada kepada penyelenggara pendidikan hendaknya tidak dijadikan semata-mata sebagai acara rutin yang sifatnya seremonial. Tetapi harus disikapi secara arif dan bijak untuk melakukan koreksi terhadap proses managerial penyelenggaraan pendidikan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan penilaian hasil yang telah dicapai.

Apalagi, di era global ini akan semakin kompleks dan semakin terbuka, tingkat kompetensi juga semakin tajam, tiada ruang dan waktu tanpa kompetisi.

“Situasi seperti ini yang sedang kita hadapi. Oleh karena itu, tingkat kesadaran untuk terus belajar, menambah dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan memperbaiki mutu diri, harus melekat dalam diri kita semua,” kata Enny.

Untuk menjawab tantangan tersebut, dirinya mengajak kepada seluruh jajaran dunia pendidikan untuk terus meningkatkan mutu, karena pada langkah kedepan, semua lulusan harus mampu berkompetisi dengan tenaga kerja asing lainnya dengan merebut kesempatan baik didalam maupun diluar negeri.

Untuk itu, lembaga pendidikan tinggi daerah harus mampu mengembangkan pendidikan yang berorientasi pada standar kompetensi nasional dan internasional.

“Wawasan dan komitmen dalam mengupayakan mutu secara berkelanjutan perlu terus diperkuat,” ungkapnya.

Enny juga menaruh harapan kepada lembaga pendidikan tinggi untuk terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan program pendidikan yang telah ada dengan melakukan inovasi tanpa henti, terobosan-terobosan ilmiah dalam pembangunan Bangsa Indonesia pada umumnya dan masyarakat Sulbar dalam kerangka otonomi daerah pada khususnya.

“Sesuai dengan misi Sulbar, membangun SDM berkualitas, berkepribadian dan berbudaya,” katanya.

Olehnya itu, dirinya berharap, kepada seluruh civitas akademika Stikes Fatimah Mamuju, untuk terus berusaha semaksimal mungkin dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya yang berkaitan dengan profesionalisme dibidang kesehatan.

“Saya yakin dengan didukung seluruh civitas akademika, pemerintah daerah serta masyarakat, akan mampu berdiri sejajar dengan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan dunia,” jelasnya.

Diakhiri sambutannya, mantan Anggota DPR-RI perwakilan Sulbar ini memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Stikes Fatimah Mamuju atas usaha dan upayanya selama ini dalam mencetak tenaga kesehatan bagi masyarakat Sulbar.

“Dan kepada Wisudawan/Wisudawati saya ucapkan selamat, semoga keberhasilan yang telah saudara raih ini membuka jalan untuk meraih kesuksesan dalam menapaki langkah-langkah nyata guna pengabdian yang tulus di masyarakat,” tutup Enny.

(Zulkifli)

Bagikan
Deskripsi gambar...