banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Gelaran Festival musik kreatif ‘rock west celebes’ 2022 yang diselanggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar bekerjasama dengan Mamuju Musician Community (MMC) berakhir.

Pada gelaran pelaksanaan rock west celebes ini, puluhan band dari berbagai daerah baik dari Sulawesi Barat maupun dari luar Sulawesi Barat telah tuntas dengan penampilan terbaiknya.

Tiga band terbaik hasil penilaian dewan juri masing-masing; Stereo band (Sigi, Sulawesi Tengah) keluar sebagai juara pertama, lalu Puas band (Palopo, Sulawesi Selatan) yang keluar sebagai terbaik kedua, serta juara ketiga diraih oleh PW star (Polman, Suawesi Barat).

Masing-masing peserta terbaik berhak mengantongi hadiah berupa piagam, plakat serta sejumlah uang tunai. Rp 15 Juta untuk juara pertama, Rp. 10 Juta untuk peserta terbaik kedua, serta Rp 5 Juta bagi peserta terbaik ketiga.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulbar, Muhammad Idris mengatakan, even tersebut merupakan bagian dari usaha bersama dalam mendorong, merangsang dan mengembangkan kreativitas anak negeri.

“Yang kita butuhkan adalah kreativitas dan itu biasanya muncul dari generasi muda yang memang ingin mengembangkan apa yang mereka miliki. Utamanya talenta atau yang kita sebut talenta musik,” kata Muhammad Idris, saat membuka rock west celebes di Anjungan Pantai Manakarra, Jumat (11/11) malam.

Baginya, industri musik di negara manapun, termasuk di Indonesia hanya bisa lahir dari adanya ekosistem atau dukungan lingkungan yang baik. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan memberikan tempat yang seluas-luasnya bagi pemerhati musik dan anak-anak yang punya talenta.

“Meski tantanganna tidak mudah, namun kami berharap dengan festival ini kita bisa memastikan bahwa tantangan itu bisa kita lewati dengan baik. Saya percaya, kegiatan ini bisa menjadi pemantik untuk kegiatan-kegiatan yang akan datang,” begitu kata Muhammad Idris.

Festival musik kreatif rock west celebes 2022 juga dijadikan momentum bagi pemerintah dalam melaunching paket wisata Karampuang, Mamuju, paket wisata Mamasa dan paket wisata Polman. Tak hanya itu, di even tersebut juga digelar pameran UMKM, sebuah kegiatan yang ditujukan untuk memberi ruang bagi tumbuh kembang pelaku UMKM di Sulbar.

Selain mengganjar hadiah kepada para band terbaik, rock west celebes tahun 2022 juga memberi hadiah kepada masing-masing player terbaik. Dewan juri yang terdiri dari Edy ‘Loejoe’, Suandy ‘The Manakarra’, serta Ari Vemoza (sosok di balik sound gitar dari sejumlah band tanah air), memutuskan; the best vocal jatuh kepada Stereo, the best drum kepada Stereo, the best gitar kepada PW Star, the best bass untuk S70, serta the best keyboard juga kepada Stereo.

“Even ini dapat terselenggara berkat kerja sama yang baik dengan pemerintah Provinsi Sulawesi Barat. Sekaligus juga jadi momentum bagi kita mempromosikan destinasi wisata yang ada di Sulbar. Kita berharap, rock west celebes dapat kembali terselenggara di masa-masa yang akan datang,” harap ketua Mamuju Musician Community (MMC), Alex Karman.

(*)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here