Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi mengecek absen pegawai disalah satu OPD saat menggelar Sidak pasca libur lebaran. (Dok. Eka)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Pasca libur Lebaran Idul Fitri 1443 H, Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi menggelar inspeksi mendadak atau sidak disejumlah kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD)

Sebanyak 12 OPD disidak Bupati perempuan pertama di Mamuju itu. OPD lainnya juga disidak Wakil Bupati Mamuju dan Sekretaris Daerah untuk mengabsen langsung Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ditemui, Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi menuturkan, pihaknya keliling ke sejumlah OPD memastikan kehadiran ASN. “Ini merupakan upaya kami untuk mengetahui seberapa komitmen ASN di lingkup Pemkab Mamuju,” kata Bupati, Senin (9/5/22).

Dari hasil Sidak yang dilakukan, Bupati mengungkapkan kurang kurang lebih 95 persen ASN lingkup Pemkab Mamuju hadir di hari pertama kerja.

“Hanya ada satu dua orang yang tidak masuk dengan alasan terjebak macet dan ada juga yang tanpa keterangan,” katanya.

Dia menegaskan, ASN yang tak hadir hingga hari ketiga pasca libur panjang, akan diberikan sanksi tegas. Bahkan, tunjangan kinerja bulan di bulan Mei ini ASN yang tidak hadir di hari pertama kerja, dipotong 50 persen.

“Kalau hari kedua belum juga hadir, tunjangan kinerjanya akan dipotong lagi 30 persen. Jadi, kalau tiga hari pertama masuk kantor tidak hadir, tunjangan kinerja ASN tersebut dipotong 100 persen untuk bulan ini,” tegasnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Mamuju, Suaib menjelaskan, pihaknya akan mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) dalam memberikan sanksi kepada ASN yang tak masuk kerja.

“Sesuai dengan PP nomor 11 dan 54 kah itu,” tutup Suaib.

(ADV/Zulkifli)

Bagikan

Comment