banner 728x90

Pusat Tarik DAK, Sejumlah Program Terpending

Tidak ada komentar 436 views
banner 728x90

Wajah Jantung Kota Kabupaten Mamuju Tengah. (Mahfudz)

Topoyo, Katinting.com – Dampak Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang melanda Indonesia, membuat Kementerian Keuangan RI menarik anggaran untuk program yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Kecuali DAK Pendidikan dan Kesehatan.



Tentu ditariknya DAK diluar Pendidikan dan Kesehatan, membuat semua program yang masuk dalam porsi pembiayaan DAK di daerah tak terkecuali Kabupaten Mamuju Tengah terpending prosesnya.

Saat dihubungi Kepala Badan Perencanaan Pembanguan Pengembangan Daerah (Bappebangda) Mamuju Tengah, Ishaq Yunus, membenarkan bahwa untuk Mamuju Tengah ada beberapa program yang masuk dalam pembiayaan DAK tahun 2020 terpending, dikarenakan diluar DAK Kesehatan dan Pendidikan, ditarik oleh pemerintah pusat kembali.dampak Pandemi Covid-19.

Karenanya, pihaknya hanya menunggu apa perintah pemerintah pusat selanjutnya, tentang program yang alokasi anggarannya ditarik, karena ranah DAK memang ada di APBN, sehingga daerah cukup menunggu instruksi dari Pemerintah Pusat.

“Yang pasti memang ini cukup membuat beberapa program yang rencananya akan dilaksanakan tahun ini, mengalami penundaan, tapi karena itu adalah kewenangan pemerintah pusat, maka tentu kami hanya menunggu apa keputusan terbaik untuk daerah dari pemerintah pusat,” papar Ishaq.

Untuk itu, saat ini Pemkab Mamuju Tengah hanya berupaya melaksanakan program yang sumber pembiayaannya dari DAU sebagian beserta dana lansung dari kementerian terkait.

“Nah soal program yang terpending, semoga saja ada solusi yang baik bagi daerah ini dari pemerintah pusat” pungkas Ishaq. (Mahfudz)

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 728x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pusat Tarik DAK, Sejumlah Program Terpending"