Kapolresta Mamuju, Kombes Pol Iskandar.
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Lima orang ditetapkan tersangka terkait dugaan penyalahgunaan BBM subsidi yang berhasil diamankan oleh petugas Intelkam Polda Sulbar.

Dimana empat unit mobil memuat BBM bersubsidi jenis solar yang diduga tidak memiliki dokumen yang sah, diamankan di jalan Poros Mamuju – Palu pada hari Kamis 17 November 2022 sekira pukul 00.30 WITA.

Berdasarkan laporan polisi Nomor : LP / A / 98 / XI / 2022 / SPKT / Polda Sulbar tanggal 17 November 2022 dilakukan penanganan penyelidikan oleh sat Reskrim Polresta Mamuju.

Kapolresta Mamuju Kombes Pol Iskandar, mengatakan, dari hasil pemeriksaan para saksi dilakukan gelar perkara sehingga ditetapkan cukup bukti untuk ditingkatkan ke tahap penyidikan dan ditetapkan 5 orang tersangka terkait adanya penyalahgunaan pengangkutan dan atau niaga BBM yang disubsidi pemerintah.

Selanjutnya dari kelima orang yang ditetapkan sebagai tersangka tersebut 4 orang berperan sebagai sopir mobil masing-masing inisial W, E, R, K dan 1 orang perempuan Inisial V sebagai pemilik.

Adapun barang bukti yang disita dan kini diamankan di Polresta Mamuju antara lain, 4 unit mobil pick up, 300 buah jerigen berisi bahan bakar jenis solar, BBM jenis Solar sekira 9,8 Ton.

Lanjut dijelaskan, BBM jenis solar tersebut berasal dari Kabupaten Majene dan Polman dan rencananya akan dibawa ke Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kata Kombes Pol Iskandar mengatakan, kelima (5) tersangka tersebut diduga melakukan tindak pidana menyalahgunakan pengangkutan dan atau niaga BBM subsidi pemerintah sesuai dengan Pasal 40 angka 9 UU RI No. 11 Tahun 2020, tentang cipta kerja yg mengubah Pasal 55 UU RI No. 22 Tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHPidana dengan ancaman pidana paling lama 6 tahun penjara.

Sumber : Humas Polresta Mamuju

Bagikan

Comment