Risdianto Haleng (Berkemeja Hijau) Hendak Menghadiri Satu Acara Warga di Kotabaru. (ist)
banner 728x90

Kotabaru, Katinting.com – Di tengah politik lokal yang sering terjebak dalam gaya lama, Risdianto Haleng muncul sebagai calon potensial Bupati Kotabaru dengan strategi kepemimpinan progresif. Dengan latar belakang sebagai pengusaha sukses dan pemimpin berbagai organisasi kepemudaan, Risdianto menawarkan model kepemimpinan yang menjawab tantangan pembangunan daerah melalui pemberdayaan pemuda.

Risdianto Haleng mengutamakan pemberdayaan pemuda sebagai motor utama pembangunan. Ia menekankan pentingnya inklusivitas dan partisipasi dalam pengambilan keputusan, serta kepemimpinan inspiratif untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

“Saya ingin pemuda berperan aktif dalam perencanaan dan pelaksanaan kebijakan, bukan hanya menjadi objek tetapi subjek pembangunan,” ujar Risdianto. Ia berkomitmen memberikan wadah bagi organisasi pemuda untuk berpartisipasi dalam pengelolaan pariwisata daerah dan kegiatan lainnya.

Strategi kepemimpinan Risdianto mendapatkan apresiasi dari Ketua PC GP Ansor Kabupaten Kotabaru, Rian Chandra, dan Ketua Pemuda Panca Marga Kabupaten Kotabaru, Joni Mashudi. Mereka menilai Risdianto bukan hanya mengusung konsep, tetapi telah membuktikan komitmennya dalam berbagai organisasi kepemudaan.

“Beliau sering memberikan dukungan materiil dan non-materiil yang sangat berarti bagi kami,” kata Joni Mashudi. Risdianto juga dikenal aktif dalam kegiatan sosial seperti menyediakan pengobatan tradisional gratis bersama Panglima Ulin di Kalimantan Selatan, memperkuat citranya sebagai pemimpin yang peduli.

Risdianto percaya bahwa pembangunan berkelanjutan harus melibatkan generasi muda. “Pemuda adalah agen utama dalam pembangunan. Dengan melibatkan mereka, kita menyiapkan kaderisasi kepemimpinan masa depan,” tambahnya.

Ia juga menekankan pentingnya peningkatan keterampilan generasi muda melalui program-program seperti kelas kreatif, pelatihan teknologi, inisiatif kewirausahaan sosial, dan pelatihan soft skills. Ini dianggap penting mengingat Indonesia sedang berada dalam periode bonus demografi.

Sejak 2003, Risdianto telah mengelola berbagai bidang usaha, termasuk industri perkapalan, jasa pelabuhan, angkutan laut, distributor BBM, pertambangan batu bara dan nikel, serta jasa konsultan eksplorasi. Ia juga memegang posisi penting dalam organisasi seperti wakil ketua DPW PKB Kalsel, ketua PW JAPNAS Kalsel, dan ketua umum DPW APRI Kalsel.

Kiprah Risdianto di berbagai organisasi kepemudaan dan sosial, serta pengalamannya sebagai anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, memperkuat posisinya sebagai pemimpin potensial yang diharapkan membawa perubahan positif bagi Kotabaru.

Dengan visi progresif dan komitmen kuat untuk memberdayakan pemuda, Risdianto Haleng diharapkan mampu menjawab tantangan dan kebutuhan pembangunan Kotabaru menuju masa depan yang lebih baik. (rls)

Bagikan
Deskripsi gambar...

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here