Kadiskominfopers Sulbar, Mustari Mula. (hms)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Pergantian pergantian Penjabat (PJ) Bupati Mamasa Yakob Salon mendapat respon dari sejumlah warga di Kabupaten Mamasa, dengan melakukan aksi unjuk rasa menolak PJ Bupati Mamasa yang baru yang akan menggantikan Yakob Salon.

Menanggapi itu dalam rilisnya, Mustari Mula, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Pemprov Sulbar, menegaskan bahwa pergantian Penjabat (PJ) Bupati Mamasa merupakan kewenangan yang sepenuhnya ada pada Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Masyarakat diminta untuk menerima putusan yang telah ditetapkan.

Mustari menjelaskan bahwa penggantian PJ Bupati Mamasa merupakan keputusan yang berada di bawah kewenangan Kementerian Dalam Negeri. Keputusan ini didasarkan pada evaluasi yang secara berkala dilakukan.

“Ini adalah hasil keputusan yang datang dari Mendagri, sehingga keputusan yang telah diambil oleh Mendagri harus diterima dengan baik,” ungkap Mustari.

Menurutnya, jabatan PJ Bupati Mamasa merupakan jabatan yang masa tugasnya tidak memiliki batasan waktu tertentu. Sebagai pejabat, mereka harus siap menerima segala ketentuan yang ada.

Pergantian PJ Bupati Mamasa juga terikat dalam Permendagri Nomor 4 tahun 2023 mengenai Penjabar Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Walikota. Dalam peraturan tersebut, pasal 14 ayat (1) menyatakan bahwa masa jabatan PJ Bupati dan PJ Walikota adalah 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang satu (1) tahun dengan orang yang sama atau berbeda. Pasal (2) menjelaskan bahwa masa jabatan tersebut bisa dikecualikan jika ada evaluasi Menteri terkait kinerja PJ Bupati dan PJ Walikota.

“Status sebagai penjabat adalah tugas yang harus dijalankan, dan sebagai pejabat, mereka harus siap menerima penugasan di manapun,” ungkap Mustari.

Terhadap keputusan Mendagri yang menetapkan Dr. Muhammad Zain sebagai PJ Bupati Mamasa yang akan dilantik Senin, 8 Januari 2023, masyarakat diminta untuk mematuhi dan mengikutinya.

Mustari berharap bahwa keputusan ini akan membantu masyarakat mendukung pejabat yang ditunjuk oleh Mendagri untuk membawa Kabupaten Mamasa ke arah yang lebih baik, terutama dalam menjaga stabilitas daerah.

(ADV/Ed:Anhar)

Bagikan
Deskripsi gambar...

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here