Bupati Sutinah saat memimpin rapat secara Hybrid. (Hms)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Pemerintah Kabupaten Mamuju terus berupaya meningkatkan kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan mengadopsi metode Hybrid yang menggabungkan sistem kerja Work From Office (WFO) dan Work From Anywhere (WFA).

Upaya ini dipimpin oleh Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi, yang memimpin apel gabungan melalui aplikasi Zoom Meeting pada Senin, 9 Oktober 2023.

Tradisi apel yang biasanya dilaksanakan di halaman kantor bupati setiap hari Senin secara tatap muka, kali ini berubah menjadi pengalaman virtual melalui jaringan komunikasi.

Menariknya, prosesi apel tetap berlangsung sebagaimana biasanya, dengan seluruh ASN yang berkumpul di kantor masing-masing melaporkan kehadiran mereka melalui aplikasi yang terkoneksi dengan semua perangkat daerah yang dikelola oleh pemerintah kabupaten.

Dalam apel tersebut, hampir seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mendapat kesempatan untuk menyampaikan tingkat kehadiran pegawainya dan berinteraksi dengan pimpinan daerah, termasuk Bupati Sutinah Suhardi.

Bupati Sutinah Suhardi menjelaskan bahwa kemajuan teknologi informasi adalah suatu keharusan, dan semua instrumen, termasuk pola kerja ASN, harus dapat beradaptasi dengan perubahan zaman. Ia menekankan pentingnya memanfaatkan sistem yang didukung oleh kemajuan teknologi.

Lebih lanjut, Sutinah menyatakan bahwa penggabungan metode kerja dari kantor (WFO) dengan bekerja dari mana saja (WFA) akan meningkatkan fleksibilitas kerja ASN, sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak bekerja, bahkan ketika mereka berada di luar kantor.

Pemerintah Kabupaten Mamuju berkomitmen untuk terus menerapkan sistem ini, dengan rencana mengawasi kinerja ASN melalui aplikasi Zoom. ASN yang berhalangan hadir atau memiliki tugas dinas luar tetap dapat memantau kehadiran mereka melalui aplikasi ini. Dengan demikian, kinerja ASN dapat tetap dipantau, dan pemberian reward atau hukuman akan didasarkan pada tingkat kehadiran mereka.

Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan ASN sambil memberikan fleksibilitas dalam cara mereka bekerja, mengikuti perkembangan teknologi dan tuntutan zaman.

(ADV)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here