banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Dalam upaya memahami dan mengelola peran pemuda di era digital, pertemuan bertajuk “Ngopi Bareng” diadakan di kafe Noon, Jalan Cikditiro, Kabupaten Mamuju, Sabtu (15/6).

Pertemuan ini menghadirkan staf khusus Presiden RI, Billy Mambrasar, para konten kreator Sulawesi Barat, dan Ketua Tunas Indonesia Raya (Tidar) Sulbar, Awal Saini. Diskusi tersebut fokus pada tantangan dan peluang yang dihadapi oleh generasi Z (Gen Z) dalam mengakses dan memanfaatkan informasi di era digital.

Billy Mambrasar, dalam sambutannya, menekankan pentingnya peran pemuda dalam era digital.

“Gen Z memiliki potensi besar untuk mengubah dunia dengan cara mereka yang unik dalam mengakses informasi. Namun, penting bagi kita semua untuk memastikan bahwa mereka menggunakan teknologi ini dengan bijak,” ujarnya.

Diskusi ini menyoroti bahwa kecemasan yang sering dirasakan oleh Gen Z disebabkan oleh paparan berita yang berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dengan ponsel pintar di tangan, mereka bisa mengakses informasi selama 24 jam melalui media sosial, mesin pencari, situs berita, dan televisi. Media sosial seperti Instagram, TikTok, dan YouTube kini menjadi sumber berita utama bagi Gen Z, menggantikan saluran berita tradisional yang lebih disukai oleh generasi sebelumnya.

Awal Saini menambahkan bahwa Gen Z memiliki kemampuan luar biasa dalam memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan informasi.

“Jika digunakan dengan baik, media sosial bisa menjadi alat yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan,” katanya.

Namun, dia juga mengingatkan akan bahaya jika media sosial digunakan untuk mengakses konten yang tidak sesuai atau terlarang.

Seorang tokoh pemuda, Aksan, mengungkapkan pandangannya tentang peran orang tua dalam era digital ini.

“Kesalahan kita sebagai orang tua adalah memberikan gadget kepada anak-anak tanpa edukasi yang cukup tentang penggunaannya. Penting bagi kita untuk mendampingi dan mengawasi mereka dalam menggunakan teknologi,” ujarnya.

Pertemuan “Ngopi Bareng” ini menjadi platform penting bagi pemuda Sulbar untuk berbagi ide dan pengalaman dalam menghadapi tantangan di era digital. Harapannya, pertemuan ini dapat mendorong para pemuda untuk lebih bijak dalam memanfaatkan teknologi dan terus berkontribusi positif bagi masyarakat.

(*)

Bagikan
Deskripsi gambar...

99 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here