oleh

Massifkan Sosialisasi ASO, KPID Sulbar Gandeng Bupati Mamuju

banner 728x90

Mamuju, Katinting.com, – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulbar, menggalakkan migrasi TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO).

Guna menggalakkan program tersebut, untuk kedua kalinya Komisioner KPID Sulbar bertandang ke kantor Bupati Mamuju, menemui Bupati.

Koordinator Bidang PS2P KPID Sulbar, Firman Getaran, S.IP bersama Komisioner Naluria Islami, S.KM menemui Bupati Mamuju Ibu Hj. Siti Sutinah diruang kerjanya membahas ASO yang telah dilaksanakan di Mamuju pada tahap pertama ini, Rabu (29/06/22) kemarin.
Firman Getaran mengatakan, pelaksanaan ASO pada tahap I di Mamuju harus terus digaungkan ketengah-tengah masyarakat, sosialisasi ASO ini penting digalakkan agar masyarakat semakin teredukasi tentang siaran digital.

“Kami juga ingin merubah paradigma yang terbangun bahwa migrasi siaran analog ke digital ini berdampak pada semua kalangan, bukan hanya penerima bantuan STB saja yang berhak menikmatinya, akan tetapi seluruh elemen masyarakat secara menyeluruh, dan STBpun sudah tersedia dibeberapa toko sehingga bagi masyarakat golongan mapan tidak sulit lagi ketika ingin beralih kesiaran digital,” kata Firman Getaran.

Dia menjelaskan, diawal bulan November 2022 mendatang, secara nasional wajah dunia pertelevisian akan berubah. Siaran analog langsung dialihkan ke siaran digital yang lebih modern dari sisi kualitas dan kuantitas. gambarnya dipastikan jauh lebih bersih karena telah mengadopsi resolusi HD, suaranyapun semakin jernih memanjakan telinga. Selain itu, siaran digital lebih variatif sehingga para penonton diyakini lebih menyukai siaran digital dibanding siaran analog.
Untuk mewujudkan itu, mereka meminta dukungan pemerintah Kabupaten dari berbagai aspek tentunya sangat berpengaruh besar dalam mengedukasi warga utamanya pada saat sosialisasi secara langsung.

“Harapan kami kedepan kolaborasi KPID dengan Pemerintah Kabupaten terkait ASO bisa lebih dikuatkan, kami optimis pengenalan siaran digital ini akan lebih masif bila turun berdampingan dengan Pemerintah, sehingga cita-cita bersama membumikan siaran digital dalam upaya mewujudkan penyiaran di Kabupaten Mamuju kearah yang lebih baik dapat tercapa” jelas Firman.

Komisioner Naluria Islami, S.KM menyebut bahwa keberhasilan pelaksanaan ASO ini tentunya tak terlepas dari atensi nyata dari Bupati Mamuju, “salah-satu bukti ialah persembahan kerjasama KPID dengan Pemerintah Kabupaten dalam ajakan beralih kesiaran digital pada baligho dan spanduk yang telah dipasang diberbagai tempat di wilayah Mamuju,” ujar Nurulia menambahkan.

Menanggapi keinginan Komisioner, Bupati Mamuju Sutinah mengungkapkan kesiapannya berkolaborasi dengan KPID Sulbar terhadap pelaksanaan ASO. Katanya, dia akan turun kelapangan bersama KPID melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar semakin tercerahkan tentang siaran digital ini.

“Jika ada rencana melakukan sosialisasi segera sampaikan ke saya dan Insya Allah kita jalan bersama,” tutup Bupati Mamuju.

(rls/Zul)

Bagikan

Komentar